Wisata Kuliner Ciamis Yang Menggugah Selera

Wisata Kuliner Ciamis Yang Menggugah Selera

Wisata Kuliner Ciamis Yang Menggugah Selera – Selain menawarkan wisata yang begitu asri seperti mega wisata icakan, kampong adat kuta, curug tujuh cibolang, situ lengkong panjalu dan masih banyak wisata ciamis lainnya. Kota ciamis juga memiliki berbagai kuliner khas yang bisa anda coba ketika mengunjunginya.

Baca juga : Gudeg Jogja, Kuliner Rakyat Abad 15 Yang Naik Kelas Jadi Ningrat

Beberapa makanan khas ciamis memang terkenal seperti pindang gunung, mie golosor dan dendeng sapi.

Aneka ragam makanan khas dari Ciamis bisa menjadi salah satu tujuan kuliner Anda maupun untuk buah tangan keluarga di rumah. Beberapa makanan yang disajikan memang memiliki keunikan tersendiri baik dari rasa maupun bentuknya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa makanan khas Ciamis yang rekomended.

1. Pindang Gunung

Pindang Gunung menjadi salah satu Makanan Khas Ciamis yang wajib Anda coba ketika berkunjung di Ciamis Jawa Barat. Makanan ini berbahan dasar ikan dengan tambahan kuah diatasnya.

Ikan yang sering digunakan dalam masakan yaitu ikan kakap, kakap merah, tongkol, carwang dan mangmung. Pindang Gunung disajikan dengan hidangan berkuah yang segar. Ikan dipotong rapi kemudian masukan kedalam panci yang sudah ada beberapa bahan seperti kemiri, cabe, terasi, garam, jahe dan bahan lainnya. Anda bisa dengan mudah menemukan hidangan ini di berbagai tempat di Ciamis.

2. Galendo

Makanan khas favorit masyarakat Ciamis yaitu Galendo yang merupakan makanan dengan rasa yang gurih dan lezat. Galendo yaitu makanan yang dibuat dari sari pati kelapa atau santan kelapa yang diolah dari proses merebus hingga proses pembentukan minyak. Minyak yang muncul diatas menjadi minyak kelapa sedangkan endapan dibawah dikenal dengan nama Galendo.

Endapan yang ada di bawah masih terdapat minyak, sehingga harus dipadatkan dan dikeringkan. Setelah galendo benar-benar kering, galendo bisa di potong dan siap untuk disajikan. Dengan era zaman yang semakin maju, kini galendo ada varian rasa seperti original, apel, strawberry, coklat, lemon, dan lainnya.

3. Dendeng Sapi

Dendeng Sapi merupakan makan khas yang sering dihidangkan pada acara-acara spesial seperti syukuran. Daging sapi di potong tipis-tipis kemudian di bumbui dengan rempah yang selanjutnya di keringkah. Dendeng yang kering akan lebih awet atau tahan lama meskipun tidak di simpan dalam kulkas.
Dendeng bisa di santan dengan berbagai cara baik digoreng maupun dibakar sesuai selera. Dendeng biasanya disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Jika Anda belum pernah mencobanya, tentu wajib Anda untuk mencobanya.