William Wongso: dari Rendang Jadi Teman

William Wongso: dari Rendang Jadi Teman

William Wongso: dari Rendang Jadi Teman – Apa arti makanan bagi kamu?
Pengisi perut, pemuas lidah, atau lebih dari itu?
Kalau menurut saya, makanan bukan hanya sekadar penghilang rasa lapar ataupun pemuas lidah yang sedang pengin mengunyah saja. Bagi saya, makanan adalah teman. Teman kala senggang, lapar, sendu, hingga belajar. Yup, dari makanan saya belajar banyak soal kehidupan.

Baca juga : Cara Membuat Tongseng Kambing dan Pilih Daging yang Empuk

Apalagi saat sedang mempelajari budaya makan orang Indonesia yang begitu kaya. Tak ada habisnya untuk terus membuat saya penasaran menggalinya.

Makanan rupanya juga menjadi teman bagi seorang pakar kuliner William Wongso. Laki-laki yang akrab disapa Om Will ini mengakui hal tersebut saat mengisi TR Food Talk di Instagram Live @totallyrendang; sebuah warung makan khas Padang yang berlokasi di Perth, Australia.
Lebih lanjut, Om Will juga mengungkapkan, melalui makanan kita bisa saling berbagai; berbagi soal pengetahuan hingga kebudayaan. Dengan begitu, kita bisa saling menghargai satu sama lain.

Makanan di mata William Wongso juga merupakan sebuah budaya yang tak bisa kamu klaim sendiri. Setiap makanan yang dimasak memiliki ciri khasnya masing-masing.
Hal ini juga yang ia ajarkan kepada Gordon Ramsay saat proses shooting Uncharted, program di chanel National Geographic.

Dalam episode Sumatera Barat tersebut yang akan segera tayang pada 29 Juni ini, William Wongso mengatakan kepada Ramsay bahwa ada ratusan jenis rendang di Indonesia. Dan kamu tak bisa mengklaim bahwa rendang buatanmu adalah yang terbaik.

Begitulah filosofi soal makanan yang dipegang teguh oleh seorang William Wongso. Sekalipun itu rendang, yang kita ketahui adalah makanan khas Padang, Sumatera Barat. Tapi siapa sangka, dalam petualangannya menjelajahi rasa rendang, William Wongso telah menemukan fakta bahwa rendang bukan hanya ala Padang, tapi hampir di mana pun kamu berada.

William Wongso juga mengisahkan, bahwa iya telah mencicipi hingga membuat ratusan jenis rendang. Tapi yang ia ajarkan pada Gordon Ramsay adalah rendang autentik Padang, yang selalu ia sebut dengan ‘Western Sumatra caramelized beef curry.’

“Meskipun satu sama lain kerap sama, tapi yang namanya rendang harus berakhir dengan kata caramelized. Dan, yang namanya rendang harus pakai santan dan cabai,” tambahnya.

Bisa dikatakan rendang adalah makanan sekaligus teman setia Om Will. Ke manapun ia melangkah, rendang akan selalu menemaninya. Enggak heran kalau laki-laki berusia 74 tahun itu kerap disebut sebagai ‘Duta Rendang.’ Melalui rendang sang kawan ia bisa berdiplomasi tentang kuliner Nusantara sejak puluhan tahun yang lalu.

Lantas, bagaimana dengan kamu, makanan apa yang paling melekat dan menjadi teman setiamu?