Tips Memadukan Ekstrak Kopi dalam Sajian Dessert

Tips Memadukan Ekstrak Kopi dalam Sajian Dessert

Tips Memadukan Ekstrak Kopi dalam Sajian Dessert – Memadukan kopi ke dalam kue tampaknya mulai menjadi varian camilan baru yang banyak digemari. Entah, mungkin karena pengin mencoba kreasi rasa yang tak biasa dalam menikmati kopi, atau bosan dengan gaya minuman yang itu-itu saja.

Misalnya, kamu bisa memadukan ekstrak kopi ke dalam adonan cupcake, bolu, atau pastry sekalipun. Namun, sebelum mencampurkannya pastikan ekstrak kopi sudah dalam suhu ruang. Sebab, pada berapa adonan kue terdapat campuran telur yang bila terkena panas bisa menjadi matang.

Baca juga : Kisah Pesugihan yang Pakai Lapak Bekas Kuburan

Maka itu, jika ingin ekperimen dengan mencampurkan kopi ke dalam dessert buatanmu, berikut ada tips memasak dari Dewi Utari dan Nessa Khalifardi, Founder & Baker dari Delicakes Bakery. Boleh, lho kalau kamu mau coba.

1. Pastikan kopi bersuhu ruang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ketika kamu usai menyeduh atau mengekstrak kopi pastikan sudah bersuhu ruang sebelum mencampurnya dalam adonan. Sebab kebanyakan adonan kue menggunakan bahan utama telur yang jika terkena air panas maka bisa menjadi matang.

“Semua (dessert) yang pengin memadukan kopi harus room temperature. Baru setelah dingin infused kopi dalam adonan. Apalagi saat pandemi gini banyak orang yang suka stok kopi, nah kalau bosan diminum bisa dipadukan dengan dessert,” jelas Dewi saat mengisi Webinar peluncuran Nespresso Barista Creations via Zoom, Kamis (18/6).

2. Adonan basah bisa digantikan dengan kopi

Tips selanjutnya, kamu bisa mengganti hampir seperempat dari rasio adonan basah dalam resep kue dengan ekstrak kopi. Misalnya, Nessa mencontohkan, pada adonan cupcake, kamu membutuhkan 200 ml adonan basah; maka bagilah adonan basah menjadi 150 ml susu dan 50 ml ekstrak kopi.

Sebaliknya, jangan sampai adonan basah yang jumlahnya 200 ml kamu tambahkan lagi dengan 50 ml ekstrak kopi. Kalau begini, adonan cupcake akan terlalu cair sehingga bisa mengubah teksturnya.

3. Semua bagian kue bisa kamu ekstrak dengan kopi

Terakhir, Dewi menyarankan untuk jangan takut berekperimen dengan mencampurkan kopi dalam adonan kuemu. Ia mengibaratkan, dalam adonan cupcake berbahan dasar cokelat bisa kamu tingkatkan rasanya dengan kopi. Kemudian, untuk topping cupcake juga bisa kamu ekstrak dengan kopi.

Jadi, hampir semua bagian kue bisa kamu ekstrak dengan kopi sehingga cita rasanya lebih kaya. Selain cupcake, kamu juga bisa membuat bolu, eclair, cookies, hingga mile crepe yang kekinian dengan tambahan ekstrak rasa kopi favoritmu.