Suka Makan Onde-onde, Apa Kamu Sudah Tahu Maknanya?

Suka Makan Onde-onde, Apa Kamu Sudah Tahu Maknanya?

Suka Makan Onde-onde, Apa Kamu Sudah Tahu Maknanya? –¬†Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan makanan tradisional bernama Onde-onde. Kue berbentuk bulat dengan taburan biji wijen ini sangat mudah di jumpai di pasar tradisional dan di pedagang kaki lima. Biasanya kue onde-onde memiliki beberapa varian isian, yang paling umum adalah isian kacang hijau yang telah dimodifikasi menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Baca juga : Tahu Gejrot di Kelapa Manis Kuningan

Makna Onde-Onde.

Rupanya selain enak di nikmati sebagai camilan, Onde-Onde juga memiliki makna loh. Kue Onde-onde yang berbentuk bulat bermakna kebaikan simbolis dari keutuhan, persatuan dan keharmonisan sebuah keluarga.

Diharapkan jika memakannya keutuhan setiap anggota keluarga akan erat hubungannya seperti bahan dasar onde-onde yang terbuat dari tepung ketan. Taburan wijennya sendiri melambangkan keberuntungan.

Dalam perayaan Cap Go Meh, kue Onde-onde sebagai hidangan wajib yang harus ada. Kebiasaan memakan kue  Onde-onde di perayaan ini sudah dimulai dari masa dinasti Song tahun 660-1279 Masehi.

Sejarah Onde-onde.

Kue ini sudah ada di Indonesia sejak zaman Majapahit terutama di wilayah Mojokerto. Meski demikian Onde-onde bukan asli berasal dari Indonesia.

Kue berbentuk bulat tersebut berasal dari Tiongkok pada zaman Dinasti Tang, yang diresmikan menjadi kue daerah Changnan dan kini berubah nama menjadi Xian dengan sebutan Ludeui. Kemudian kue ini di bawa oleh pendatang Tiongkok ke Asia Timur.

Jadi tak heran apabila selain di Indonesia di negara Malaysia, Vietnam dan Filipina Onde-onde mudah di temui dengan sebutan yang berbeda. Misal saja di negara Malaysia onde-onde bernama Kuih Bom.

Itulah makna di balik kue Onde-Onde yang sering kita jumpai. Rasanya yang gurih dan manis selalu banyak di gemari serta memiliki tempat di hati.