Resep Mujair Cobek ala Susi Pudjiastuti

Resep Mujair Cobek ala Susi Pudjiastuti

Resep Mujair Cobek ala Susi Pudjiastuti – Susi Pudjiastuti kerap membagikan resep makanan berbahan dasar ikan. Setelah ikan belanak, kini ia berkreasi membuat masakan dari ikan mujair, yaitu resep Mujair Cobek. Mantan menteri perikanan dan kelautan itu pun membagikan cara-cara pembuatanya dalam #SusiVlog.

Baca juga : CARA MELILIH JENGKOL DAN CARA MASAK JENGKOL

“Kali ini saya membuat Mujair Cobek, bahan-bahannya mudah murah, hasilnya enak dan lezat, tentu bisa dicoba sendiri di rumah,” bunyi keterangan dalam vlog yang diunggah di kanal Youtube-nya, Rabu 24 Juni 2020.

Susi Pudjiastuti mengatakan ikan mujair itu berasal dari kolam organik miliknya. Setiap seminggu dua kali dia menyediakan menu makan dari mujair, belanak atau lele. “Inilah ikan mujair atau bahasa pasarnya tilapia, tidak perlu beli ikan dori apalagi yang impor,” ujarnya dalam vlog itu. “Ikan dori impor berbahaya banyak mengadung zat kimianya, banyak zat kimia lainnya yang untuk memberatkan, jadi yang beratnya 60 gram jadi 100 gram, jadi hati-hati, belilah ikan dari petambak kita, ikan mujair, belanak, lele, atau bandeng banyak.”

Susi Pudjiastuti membuat menu makanan dari mujair, yaitu Mujair Cobek. (Tangkapan layar #SusiVlog di Youtube)

Setelah memberikan penjelasan tentang ikan mujair, Susi Pudjiastuti memulai persiapan untuk memasak Mujair Cobek. Dia sudha menyiapkan beberapa ekor ikan mujair yang sudah dibersihkan, dibelah, lalu dibakar.

“Saya senang cobek itu tidak perlu dimasak, jadi ikannya cuma bakar, santannya santai mentah yang dipanaskan sampai agak mendidih supaya tidak cepat basi,” lanjut Susi yang mengklaim menu masakannya ini termasuk menu yang sehat. Ini karena ikannya segar begitu pula bumbu-bumbunya, meski menambahkan santan cair.

Usai membakar ikan mujair dengan api sedang, langkah selanjutnya adalah membuat bumbu di atas cobek. Sebelumnya, dia menyiapkan beberapa cabai, bawang merah dan bawang putih yang sudah dibakar terlebih dulu. Cabai dibakar ini untuk menghindari bau langu. Tak lupa ia menambahkan sedikit jahe dan garam, lalu diulek seusai selera.

Susi Pudjiastuti mengaku tak terlalu suka bumbu yang halus. Ia memilih hasil ulekan bumbu yang sedikit kasar. Setelah itu, tambahkan santan sedikit, masukkan ikan sambil dipenyet, masukkan santan sedikit, balik ikan, tapi jangan sampai lembek.

“Jangan terlalu benyek, nanti susah memisahkan durinya, balik ikan dua kali, sudah, makananya siap disajikan, saya suka yang paling hanancur, paking mudah diresep-resep,” ujarnya sambil menata bumbu di atas ikan supaya terlihat cantik.

Susi pun langsung mencicipi masakannya. “Pasti enak, kalau you baru jadi mantu pasti disayang mertua, kalau suami pulang kerja pasti disayang suami istri yang masak beginian, enak,” tandasnya.

Susi Pudjiastuti membuat menu makanan dari mujair, yaitu Mujair Cobek. (Tangkapan layar #SusiVlog di Youtube)

Sepertinya resep Mujair Cobek ala Susi Pudjiastuti ini cukup mudah dibuat. Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

– Ikan mujair

Bumbu-bumbu:

– Bawang merah secukupnya

– Bawang putih secukupnya

– Cabai rawit besar secukupnya

– Jahe secukupnya

– Santan

– Garam

Cara membuatnya:

– Bersihkan ikan lalu bakar di atas api sedang sampai kering

– Bakar bawang merah, bawang putih, jahe dan cabai besar, lalu ulek di atas cobek. Anda bisa menambah beberapa cabai rawit besar mentah. Ulek sesuai konsitensi yang diinginkan

– Tambahkan garam lalu santan sedikit, aduk rata.

– Masukkan ikan sambil dipenyet2, lalu tambahkan santan sambil membolak-balikkan ikan agar bumbu meresap.

– Sajikan