Puedesss Pol! Pentol Mercon dengan Paduan Cabai Rawit

Puedesss Pol! Pentol Mercon dengan Paduan Cabai Rawit

Puedesss Pol! Pentol Mercon dengan Paduan Cabai RawitPencinta camilan pedas, Pentol Merapi bisa kamu coba untuk puaskan selera. Ada pentol varian original, mix, hingga mercon yang pedasnya nampol!

Baca juga : Kenyal Dessert Puding Kekinian Bertabur Bunga Cantik

Pentol merupakan camilan khas Jawa Timur yang berbentuk seperti bakso. Hanya saja pentol lebih sedikit kandungan dagingnya. Biasanya daging yang digunakan berupa daging sapi atau ayam.

Secara tradisional, pentol dinikmati bersama saus kacang yang pedas gurih. Namun seiring waktu, pentol dibuat dalam versi lebih kekinian. Ada yang disajikan dengan cara dibakar atau ditambah saus pedas yang bikin nagih.

Nah, saat puasa kamu juga bisa ngemil pentol. Salah satu toko online di Instagram yang menawarkan pentol adalah Pentol Merapi. Menu andalan mereka adalah pentol super pedas. Berbagai menunya bisa diintip di Instagram @pentolmerapijkt.

Pentol Merapi awalnya populer di Yogyakarta, namun untuk Anda yang tinggal di Jakarta, kini sudah bisa menikmati sensasi pedas dari Pentol Merapi.

Ada 3 menu yang ditawarkan Pentol Merapi yaitu pentol original, pentol mix, dan pentol mercon. Kami pun memesan ketiga menu tersebut untuk dicicipi. Pemesanan kami lakukan via aplikasi ojek online dengan nama ‘Bubur Doyok’ yang berlokasi di kawasan Kramat Pela, Jakarta Selatan.

Saat pesanan sampai, ketiga varian pentol tersebut dikemas dalam kemasan plastik bening. Ketiganya sampai dalam kondisi beku (frozen). Sebelum diolah, kami harus melumerkan pentol lalu menghangatkannya terlebih dahulu dengan cara dikukus selama 15 menit.
Yang pertama kami cicipi adalah varian original. Terdiri dari pentol kecil berisi 40 buah dalam tiap kemasannya. Ada juga saus cocol pedas manis dari campuran gula merah dan cabai. Saus ini mirip dengan sambal rujak, seperti yang ada pada varian cireng rujak.

Saat mencicipi pentol original tanpa saus cocol, rasanya tidak terlalu istimewa. Kami merasakan ada sedikit campuran daging ayam di dalamnya. Namun rasa tepungnya tetap dominan. Namun saat kami mencampurkannya dengan saus cocol, rasanya lebih enak.
Pentol mix tak kami lewatkan karena merupakan menu favorit. Terdiri dari 2 pentol berukuran besar yang di dalamnya berisikan telur puyur dan udang kecil.
Ada juga pentol berukuran sedang berisikan keju dan pentol sedang lainnya diberikan campuran jamur kuping gajah dan cabai. Sisanya ada sekitar 5 potong kecil pentol tahu dan pentol kecil original. Varian pentol mix ini juga disajikan dengan saus cocol pedas manis.

Karena sudah mengetahui rasa dari varian pentol original, kami mencicipi varian pentol lainnya. Untuk pentol telur puyuh ukurannya cukup besar, teksturnya juga kenyal. Rasanya nikmat karena ada satu butir telur puyuh utuh di dalamnya.

Varian pentol jamur juga tak kalah memikat selera. Tekstur jamur kuping gajah di dalamnya cukup terasa. Varian pentol cabai atau mercon rasanya pedas sekali karena adonan pentol tersebut dicampurkan dengan cabai rawit yang pedasnya nampol.

Namun sayangnya varian pentol keju tak begitu terasa kejunya karena potongannya sangat kecil. Begitu juga dengan varian pentol udang, padahal ukurannya cukup besar namun udang yang dijadikan isian berukuran sangat kecil. Pentol tahunya juga tak begitu nikmat karena sangat kecil.

Terakhir kami tertarik mencoba pentol mercon. Ukurannya sedang dengan warna kemerahan karena adonannya diberikan campuran cabai rawit yang rasanya pedas nendang.

Saat menggigit pentol mercon tersebut, rasa pedas langsung terasa. Rasanya sepeti menyantap cabai rawit utuh karena saking pedasnya. Apalagi saat dicampurkan dengan racikan saus pedas manis dari Pentol Merapi, rasanya makin nikmat dan pedasnya makin menjadi.

Jika Anda tertarik untuk mencicipi sensasi pedas dari Pentol Merapi ini, harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Untuk satu bungkusnya, Pentol Merapi dibanderol dengan harga Rp 31.000 (untuk semua varian). Cobain yuk foodies!