Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Menelan Makanan

Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Menelan Makanan

Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Menelan Makanan –¬†Banyak hal yang dapat terjadi pada tenggorokan dan menyebabkan sakit tenggorokan saat menelan. Misalnya saja adanya infeksi di bagian tenggorokan hingga adanya reaksi alergi di jalur menelan. Rasa yang cukup menyakitkan ini dapat muncul dari mulai bagian atas leher atau tenggorokan hingga bagian bawah di belakang tulang dada. Kondisi ini bisa sangat membuat tidak nyaman, karena dapat menimbulkan sensasi seperti terbakar (perih), atau seperti tekanan yang sangat kuat pada bagian tenggorokan.

Baca juga : BENARKAH DAGING MERAH OLAHAN MEMICU KANKER?

  1. Ada benda atau makanan yang menyumbat kerongkongan.
  2. Peradangan, termasuk radang tenggorokan atau herpes simplex.
  3. Pembengkakan atau infeksi gigi.
  4. Bisul pada rongga mulut atau kerongkongan.
  5. Peradangan esophagus.
  6. Kelainan struktur atau fungsi esofagel.

Lalu Bagaimana Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Menelan?

Pada dasarnya, pengobatan yang tepat pada sakit tenggorokan pada saat menelan akan bergantung pada penyebab dari rasa sakit tersebut. Mengingat rasa sakitnya yang akan cukup menganggu, maka perlu sekali ditemukan solusi atau cara untuk mengatasi kondisi sakit tenggorokan saat menelan ini. Karena betapapun, menahan rasa sakit dalam waktu yang lama tentu akan memuat anda tidak nyaman dan tidak mungkin rasanya jika anda menahan rasa lapar dengan waktu yang begitu lama sampai sakit tenggorokan anda bisa sembuh dengan sendirinya.

Nah, untuk itulah berikut ini beberapa hal yang bisa dilkukan untuk mengatasi sakit tenggorokan pada saat menelan.

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan menunjukan jika berkumur dengan menggunakan air garam akan dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi dibagian tenggorokan dan membunuh kuman yang berkembang dibagian mulut.

Selian itu, berkumur dengan menggunakan air garam pun dapat membantu menghilangkan lendir dan juga mengurangi munculnya iritasi dan bakteri. Untuk melakukan hal ini, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melarutkan sekitar 1 sendok teh garam dengan secangkir air hangat.

Nah, gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur. Lakukan hal ini dengan rutin dan secara teratur. Cara terbaik untuk berkumur-kumur dengan larutan ini adalah pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari saat hendak pergi ke kamar untuk tidur.

Konsumsi air putih dan cairan yang banyak akan menghindarkan anda dari dehidrasi. Dengan demikian, keadaan tubuh yang tetap terhidrasi adalah hal yang penting terutama ketika anda dalam keadaan sakit tenggorokan.

Selain itu, tubuh pun harus mendapatkan cairan dengan jumlah yang cukup supaya urin dapat terjaga dengan baik. Hal ini pun akan dapat membantu menjaga selaput lendir supaya tetap dalam keadaan yang lembab. Selain itu, kondisi tubuh yang terhidrasi akan membantu memerangi serta melawan bakteri atau iritasi yang terjadi seperti halnya adanya alergen dalam tubuh yang memicu timbulnya alergi.

Bukan hanya itu, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh akan juga dapat difungsikan untuk melawan  gejala sakit flu. Selain hanya mengkonsumsi air putih, anda pun bisa mengkonsumsi cairan dalam bentuk yang lain seperti minuman manis yakni jus buah atau teh.