Pempek Palembang Makanan Legendaris dari Era Kesultanan

Pempek Palembang Makanan Legendaris dari Era Kesultanan

Pempek Palembang Makanan Legendaris dari Era Kesultanan – Mendengar kata Pempek atau empek-empek pikiran akan otomatis angat pada kota Palembang. Pempek Palembang memang adalah makanan khas Palembang. Kuliner ini terbuat dari ikan giling an tepung kanji. Serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam.

Baca juga : Mie Aceh, Cita Rasa Multi Budaya Dalam Kuali Masak Nangroe

Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa penganan pempek pusatnya adalah di Palembang karena hampir semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

Jenis Pempek

Pempek Palembang jenisnya ada  bermacam macam. Paling tidak ada 10 jenis berbeda untuk pempek.

1.      Pempek Panggang

Ada juga jenis pempek Palembang ada juga yang dipanggang. Pempek Panggang memiliki bagian tekstur luar yang sedikit lebih alot namun bagian tengah yang sangat lunak. Pempek panggan disajikan dengan cara dibelah dan diberikan ebi, kecap manis, dan juga cabe ijo.

2.      Pempek Keriting

Jenis ini berbentuk seperti bentuk otak. Tekstur pempek Keriting juga lebih lembut dan biasa disajikan dalam keadaan direbus saja. Namun, beberapa orang suka menyajikan pempek Keriting yang digoreng. Jika digoreng, jenis pempek satu ini menjadi garing.

3.      Pempek Kulit Krispi

Untuk yang menyukai tekstur renyah, maka jenis pempek satu ini pilihan yang tepat. Pempek Palembang kulit ‘krispi’ dibuat dari daging ikan bagian kulit yang dibuat pipih dan digoreng hingga garing.

4.      Pempek Sosis

Jenis pempek satu ini merupakan kreasi modern dari pempek lenjer. Yang membedakan adalah ditambahkannya sosis pada bagian tengah.

5.      Pempek Lenggang

Jenis Pempek Palembang ini dibuat dengan proses dipanggang di atas mangkuk daun pisang. Pempek lenggang merupakan potongan pempek yang dipanggang bersama telur. Namun, kini orang banyak juga yang membuat pempek lenggang dengan cara digoreng seperti membuat telur dadar.