Nggak Paham Cara Makan Seafood Seperti Nia Ramadhani?

Nggak Paham Cara Makan Seafood Seperti Nia Ramadhani?

Nggak Paham Cara Makan Seafood Seperti Nia Ramadhani? – Dikenal sebagai menantu keluarga konglomerat, Nia Ramadhani tak malu mengakui kalau dirinya tak paham cara makan seafood.

Dalam akun Instagramnya baru-baru ini, ibu tiga anak ini bercerita jika ia di awal dirinya menjadi menantu keluarga Bakrie, ia sempat dibuat canggung karena tidak paham table manner, khususnya soal urutan sendok mana yang pertama kali digunakan.

Baca juga : William Wongso: dari Rendang Jadi Teman

Bahkan, secara blak-blakkan Nia mengaku kalau sampai sekarang ia tidak paham cara makan seafood, sehingga lebih memilih untuk tidak makan saat acara formal atau resmi lantaran takut salah.

Apakah kamu juga seperti Nia Ramadhani yang tidak paham tata cara makan seafood? Penasaran seperti apa sebenarnya tata cara makan seafood yang beik dan benar? Simak tipsnya berikut ini, seperti dilansir dari Etiquette Scholar, Senin (22/6/2020).

  1. Kepiting
  • Pertama, lepaskan kaki dan capit dari tubuh kepiting dengan jari, dan pecahkan dengan alat khusus yang biasanya sudah disediakan di atas meja.
  • Congkel daging di dalamnya dengan garpu.
  • Setelah itu, putar dan potong bagian ekor kepiting dengan jari, dan makan dagingnya dengan garpu.
  • Buang cangkang kepiting di piring yang sudah disediakan dan bilas jari-jari di mangkuk cuci tangan.
  1. Lobster

Lobster yang dimasak dalam cangkang bisa dimakan dengan cara yang sama seperti makan kepiting.

  • Pertama, Anda bisa memegangnya langsung dengan tangan, dan gunakan alat pemecah cangkang untuk menekan badan ke piring.
  • Perlahan, lepas bagian cangkangnya dan remukkan.
  • Keluarkan daging dan letakkan di piring.
  • Putar bagian ekor hingga lepas untuk mengeluarkan dagingnya, dan letakkan di piring.
  • Makan bagian hati lobster (tomalley) dan telur langsung dari tubuh lobster menggunakan garpu.
  • Bilas jari-jari di mangkuk cuci tangan, dan makan dengan menggunakan garpu. Buang cangkangnya pada wadah yang sudah disediakan.
  1. Udang

Bergantung pada metode pelayanannya, udang bisa dimakan dengan jari atau garpu.

  • Udang dipegang bagian ekornya, dan makan langsung dengan tangan. Sisa ekor diletakkan di atas piring.
  • Jika udang disajikan bersama saus, tusuk udang dengan tusuk gigi dan celupkan ke dalam saus. Baru kemudian dimakan langsung dari tusuk gigi.
  • Udang boleh dimakan dalam satu gigitan. Tapi jika terlalu besar dan Anda hanya bisa menggigitnya setengah, jangan dicelupkan kembali ke dalam saus jika saus itu dimakan bersama dengan orang lain.
  1. Udang goreng

Jika udang goreng disajikan lengkap dengan ekornya, Anda boleh memegang udang goreng dengan tangan di bagian ekornya, dan dimakan.

  1. Kerang

Kerang disajikan baik mentah maupun dimasak. Jika cangkang kerang sulit dibuka, atau masih tertutup rapat setelah dimasak, maka biarkan saja dan tidak usah dimakan. Itu artinya kerang sudah mati sebelum dimasak.

– Kerang bambu

Kerang disajikan masih menempel pada cangkangnya di atas hamparan es. Pegang cangkang dengan tangan, dan gunakan garpu untuk mencongkel dagingnya.

– Kerang kukus

Kerang dicelupkan ke dalam kaldu atau mentega cair yang disajikan dalam mangkuk terpisah. Cangkang kerang kemudian dibuang ke mangkuk terpisah yang disediakan.

Ketika daging kerang akan dimakan, kaldu diambil dengan sendok atau bisa juga diminum langsung dari mangkuk jika disajikan dalam mangkuk individual.

– Kerang goreng

Kerang goreng disajikan tanpa cangkang dan terkadang dicelupkan ke dalam adonan tepung sebelum dimasak.

Anda bisa makan menggunakan tangan secara langsung. Tapi daging kerang biasanya terlalu berminyak untuk dipegang, sehingga sebaiknya dimakan dengan garpu. Daging kerang yang liat kemungkinan sangat sulit untuk dipotong.

  1. Tiram

Tiram disajikan mentah atau dimasak. Tiram memiliki cangkang yang tebal, kasar, dan tidak beraturan. Tergantung bagaimana tiram disajikan, tiram bisa dimakan dengan garpu, sendok, atau menggunakan tangan langsung.

– Tiram yang dimasak

Tiram dikeluarkan dari cangkangnya dan dimasak, baik menjadi sup atau bersama saus. Tiram masak bisa dimakan dengan garpu atau sendok.

– Tiram mentah

Tiram yang disajikan mentah akan diletakkan pada cangkangnya dengan posisi terbuka di atas hamparan es. Biasanya dibumbui dengan lemon, merica, atau sedikit saus panas.

Tiram yang belum terlepas dari cangkang bisa dicongkel menggunakan pisau. Pegang cangkang dengan salah satu tangan, dan congkel tiram dengan garpu.

Letakkan cangkang kosong di sisi piring sebelum menyantap daging tiram yang sudah dilepas. Atau, arahkan cangkang ke mulut dan perlahan sesap daging tiram yang terlepas dari cangkangnya.