Makanan Khas Betawi yang Bikin Nagih

Makanan Khas Betawi yang Bikin Nagih

Setiap daerah tentu memiliki makanan khasnya masing-masing, demikian pula Ibukota Jakarta. Ada banyak sekali makanan dan minuman khas Jakarta yang harus Anda ketahui dan cicipi. Setidaknya ada sekitar 30 jenis makanan khas Betawi Jakarta ini yang dapat Anda cicipi, dan beberapa diantaranya mulai sulit dicari. Berikut ini adalah salah satu jenis makanan khas Betawi Jakarta yang harus Anda coba, karena cita rasanya yang unik, dan pastinya bikin nagih :

Gado-gado

Makanan yang juga dikenal sebagai Vegetarian food from Indonesia ini, adalah jenis makanan yang hanya terbuat dari aneka sayuran. Bahan yang digunakan cukup beragam, mulai dari kangkung, kubis, dll.

Baca juga : KULINER PALING ENAK DI KOTA SURABAYA

Sedangkan bumbunya menggunakan kuah kacang, yang sudah ditambah dengan aneka macam bumbu. Cara mengkonsumsinya adalah dengan ditambahkan emping, atau ada kalanya ditambahkan juga telur rebus. Kuliner ini cukup terkenal, dan siapa saja pasti menyukai makanan yang satu ini.

Makanan ini sendiri mirip seperti salad karena berisi beraneka sayur-sayuran rebus. Perbedaannya dengan salad adalah pada makanan ini kombinasi sayuran dan bahan-bahan rebusan lainnya disajikan dengan disiram saus kacang.

Orang-orang asing atau bule menjuluki gado-gado sebagai Indonesian salad (salad orang indonesia). Oleh karena itu tidak hanya masyarakat indonesia saja yang suka dengan makanan yang satu ini, namun orang luar negeri juga banyak yang menyukainya.

Dalam membuat gado-gado, hal yang paling penting adalah dengan membuat saus kacang yang lezat.

Dan, di antara semua bahan yang dibutuhkan, saus kacang gado-gado ini termasuk paling sukar dibuat karena prosesnya yang sedemikian rupa.

Namun, sebenarnya kita bisa membuat saus gado-gado yang legit dan creamy dengan mudah, lho!

 

Simak tahap berikut ini.

1. Kacang yang paling sering digunakan untuk saus gado-gado adalah kacang tanah.
Kacang yang dihaluskan lebih baik berasal dari kacang tanah kering, pilih kacang tanah yang tanpa kulit.
Namun kalau kacang yang tersedia hanya yang berkulit, tak jadi soal juga, kok. Hanya saja kita terpaksa lebih repot karena harus menguliti kacang.

2. Seduh kacang untuk membuang kulitnya, setelah itu kulit akan mudah dikelupas.
Cara lain, disangrai sampai setengah matang. Tuang kacang sangrai itu ke atas tampah. Tekan-tekan dengan batu lumpang, maka kulitnya segera terkelupas.

3. Matangkan kacang tanah dengan cara digoreng. Kacang yang digoreng rasanya akan lebih legit dibanding hanya disangrai atau dioven.
Tapi hati-hati jangan sampai terlalu cokelat karena akan membuat tampilan saus jadi kurang cantik.

4. Untuk saus gado-gado, kacang tanah harus dihaluskan sampai mengeluarkan minyak.
Caranya, giling atau ulek kacang selagi panas. Kalau sudah dingin, kacang tidak akan lagi mengeluarkan minyak.

Menghaluskan kacang bisa dengan blender, tapi hasilnya akan terlalu halus.
Hati-hati juga karena kalau kacang diblender terlalu lama, kacang jadi sedikit encer, karena blender yang panas membuat kacang juga ikut panas sehingga minyak pada kacang juga ikut keluar.

Karena itu, giling kacang dalam beberapa tahap. Hentikan menggiling setelah 1 atau 2 menit.

Setelah blender kembali dingin, giling kembali. Begitu seterusnya sampai kacang betul-betul halus.

5. Setelah menjadi pasta, kita tinggal menambahkan aneka bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan terasi yang sebelumnya sudah dimatangkan. Jangan lupa juga gula merah dan tambahan sedikit air.
Sementara itu, untuk mengkreasikan saus gado-gado, kita bisa menambahkan kacang mede supaya rasanya semakin gurih.

Selain itu, bisa juga mengulek saus kacang bersama dengan kentang untuk hasil yang lebih kental dan legit.

Atau, bisa juga dengan menambahkan ebi dan jaun jeruk yang dimasak dengan santan supaya lebih terasa nikmat.