Kuliner Rawon Kekinian, Jadi Nasi Goreng dan Rasa Salted Egg

Kuliner Rawon Kekinian, Jadi Nasi Goreng dan Rasa Salted Egg

Salah satu kuliner khas Jawa Timur adalah rawon. Umumnya, rawon disajikan dengan nasi, tauge pendek, dan telur asin. Kini rawon telah bersalin rupa menjadi aneka penganan kekinian.

Restoran Rawon Bar menyuguhkan cita rasa rawon masa kini yang diolah menjadi nasi goreng dan rawon  ditambah saus telur asin atau salted egg yang sedang tren akhir-akhir ini. Terletak di area pusat kuliner lantai 2 Pasar Santa, Jakarta Selatan, Rawon Bar menghadirkan konsep meja penyaji terbuka sehingga pengunjung dapat melihat langsung proses penyajiannya.

Baca juga : CITA RASA STEAK RESTORAN PADANG, PAKAI SAUS HERBA MINYAK KELAPA

Seorang penyaji, Imam, mengatakan nasi goreng rawon adalah hidangan favorit pengunjung. “Nasi goreng dimasak menggunakan bumbu rawon, bukan disiram kuah rawon,” kata Iwan pada Senin, 9 Februari 2020. Nasi goreng rawon bisa diatur tingkat kepedasannya, tidak pedas, pedas, atau ekstra pedas.

Warna nasi goreng rawon hitam pekat dengan tambahan telur dadar di atasnya. Di samping nasi goreng terdapat beberapa potong daging yang berwarna hitam. Mungkin kurang menarik untuk dipotret, tapi bumbu kluwak pada rawon pada nasi goreng ini sangat terasa. Rasanya agak kering seperti mekan nasi dengan serundeng. Sepiring nasi goreng rawon dibanderol Rp 38 ribu.

Selain nasi goreng rawon, ada Rawon Don Salted Egg, Rawon Iga Klasik, Rawon Daging Klasik, dan Tahu Tek. Rawon Don Salted Egg disajikan bersama beberapa potong daging yang disiram dengan saus rawon dan saus telur asin, serta nasi putih dan telur mata sapi. Rasanya sedikit hambar meski masih tersisa aroma kluwak.

Ketika menyantap Rawon Don Salted Egg, sebaiknya campur suapan dengan saus telur asin supaya cita rasanya lebih pas. Rasa asin dari telur membuat rasa hidangan menjadi lebih terasa. Harga hidangan ini Rp 48 ribu.