Kerak Telor, Makanan Kreasi Chef Pribumi di Zaman Kolonial

Kerak Telor, Makanan Kreasi Chef Pribumi di Zaman Kolonial

Kerak Telor, Makanan Kreasi Chef Pribumi di Zaman Kolonial – Kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang sering juga disebut sebagai omeletenya orang Betawi. Makanan ini biasanya dijajakan oleh pedagang yang ada di pinggir jalan saat ada perayaan di Jakarta baik perayaan memperingati Hari Jadi kota Jakarta maupun Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Petualang kuliner Nusnatara bisa menemukan kerak telur di sekitar Kota Tua, Jakarta Barat. Secara tradisional, di masa lalu makanan ini dihidangkan saat pesta dan hajatan besar para pembesar pada masa lalu.

Semakin bergulirnya waktu, kehadiran kuliner-kuliner barat menggeser pesona Makanan ini ini. Saat ini suah relatif sulit menemukan Kerak telor. Makanan ini hanya bisa ditemukan di daerah wisata yang berkaitan dengan sejarah dan budaya.

Kerak telor hanya masih mampu bertahan di sekitaran kota tua, wisata situ babakan, saat pekan raya Jakarta, dan lokasi dan waktu lainnya yang dikaitkan dengan sejarah dan budaya Betawi.

Makanan ini dibuat dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng. Lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

Sejarah Kerak Telor

Pada mulanya makanan ini merupakan hasil kreasi omelet mie dengan rempah-rempah khas Indonesia. Pada masa kolonial, Warga Belanda di Batavia menginginkan makanan jajanan yang sehat sebagai makanan pembuka.

Untuk menjawab tantangan ini, para tukang asak Betawi pada waktu itu menawarkan kreasi omelet dengan ketan putih yang diracik rempah-rempah asli Indonesia. Ternyata omelet kreasi masyarakat Betawi itu amat di gemari warga Belanda.

Kerak Telor segera populer dan masuk dalam jajaran makanan kelas atas waktu itu. Warga Belanda ini biasa menyantapnya sebagai makanan pembuka.

Pada tahun 1970-an, masyarakat Betawi mulai memberanikan diri menjajakan kerak telur di pasaran. Tak disangka, banyak orang menyukai makanan ini. Bahkan, dasawarsa 70-an itu, makanan ini menjadi makanan favorit masyarakat kelas elit atau atas di Jakarta.

Seiring dengan berkembangnya waktu, makanan ini menjadi makanan yang disukai semua kalangan masyarakat. Harga kerak telor pun semakin terjangkau untuk semua orang.

Tempat Makan Kerak Telor Populer

Sesuai peredikats ebagai makanan tradisional, makan kerak telur akan lebih baik jika dinikmati dengan melihat pemandangan nuansa budaya Betawi. Berikut ini mengenai beberapa tempat makan kerak telur enak di Jakarta.

1.      Monas

Monas merupakan salah satu trademark dari Jakarta yang memiliki kesan Jakarta yang sangat kental. Meskipun menyandang monumen nasional, namun monas kerap diidentikkan dengan Jakarta atau warga Betawi juga. Apalagi monas seringkali menjadi tempat sebagai tempat acara perayaan – perayaan kebudayaan Betawi.

Ada beberapa bagian di monas yang menjual makanan khas ini. Bukan hanya di dalam, di sekitaran luar monas juga ada yang menjual. Namun, perlu dicatat, biasanya hal ini berlangsung pada hari minggu dimana sedang diadakannya car free day. Sehingga banyak pedagang – pedagang berjualan di sekitar monas, termasuk pedagang kerak telur ini.

Dengan makan kerak telor di Monas, feel Jakarta yang pengunjung rasakan akan melekat kuat. Dengan ditemani menjulangnya bagian monas, ramainya lalu lintas Jakarta, serta music – music khas Jakarta yang tentunya akan membuat hari Asemakin menyenangkan.

2.      Kota Tua

Buat warga Jakarta, beraneka macam museum di Kota Tua bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan ada orang yang mencap bahwa bukanlah anak Jakarta jika orang tersebut belum pernah mengunjungi museum Kota Tua.

Di Kota Tua ini pengunjung akan melihat banyak sekali pedagang – pedagang kaki lima yang dagangannya sangat menggugah selera. Dagangan tersebut sangat beraneka macam terutama pada dagangan – dagangan yang sangat berbau Jakarta, termasuk Kerak telur.

Kota tua ini juga sangat pas untuk dijadikan tempat makan terenak kerak telor karena dengan makan disini, pengunjung akan dapat menikmati keramaian khas kota Jakarta yang indah dan kesan – kesan perjuangan rakyat Jakarta.

3.      Kebun Binatang Ragunan

Siapa warga Jakarta atau bahkan Indoensia yang tidak tahu apa itu Kebun Binatang Ragunan? Kebun Binatang Ragunan ini merupakan satu – satunya taman margasatwa lengkap yang ada di DKI Jakarta. Tak hanya warga Jakarta saja ternyata yang mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan ini, namun juga banyak dari warga jabodetabek.

Bagi Anda yang berkunjung ke Ragunan, jangan sekali – sekali Anda untuk melewati para pedagang kerak telor yang ada di sepanjang jalan di dalam taman margasatwa ini. Biasanya para pedagang akan menawarkan untuk membeli dagangannya.

Biasanya kerak telur yang dijual dapat dipilih antara menggunakan telor ayam ataupun telor bebek. Harganya pun disesuaikan.

Hal yang menyenangkan dengan makan kerak telur di tempat ini adalah nuansa dimana orang – orang dapat menikmati kerak telor ditemani dengan pemandangan hewan – hewan di kandangnya. Pengunjung juga bisa duduk – duduk santai dengan keluarga di taman bermain yang tersedia.

4.      Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah juga merupakan tempat dimana dapat menikmati kerak telor dengan lezat. Di taman mini banyak sekali pedagang pedagang kerak telur yang dapat dijumpai, mengingat taman mini Indonesia indah merupakan salah satu tempat wisata yang khas di Jakarta.

Dengan menikmati kerak telur di tempat wisata ini, pengunjung akan mendapatkan suasana yang indah apalagi jika kerak telur dimakan di anjungan Jakarta.

5.      Pantai Ancol

Bagi yang ingin menyantap Kerak Telor bersuasana Laut, Pantai Ancol adalah jawabannya. Di sana, pengunjung dapat menikmati indah pantai pasir sembari menikmati kerak telur. Selain itu, pengunjung juga akan ditemani dengan suara gemuruh ombak serta hamparan pasir yang tentu saja menambah keindahan alam Jakarta ini.

Tidak hanya itu, di satu sudut bagian tertentu, pengunjung juga dapat menikmati kerak telur, sembari memandangi saat – saat terbenamnya matahari di Pantai Ancol tersebut.

6.      Taman Spatodhea

Taman Spatodhea ini merupakan sebuah taman kota yang letaknya di kawasan pasar minggu, Jakarta. Di taman ini pengunjung dapat dengan tenang menikmati makanan kerak telor ditemani taman – taman hijau yang ada di dalamnya.

Taman spatodhea ini biasanya akan diramaikan oleh para pengunjung dan pedagang, termasuk pedagang kerak telur pada hari Sabtu dan hari minggu karena sering digunakan sebagai sarana olahraga atau setelah olahraga oleh para penduduk sekitar.

7.      Taman Hutan Tebet

sama seperti taman Spatodhea, taman hutan Tebet ini juga merupakan tempat dimana pengunjung dapat menikmati santapan kerak telor dengan dipenuhi oleh nuansa pepohonan. Di taman hutan tebet ini pengunjung dapat sambil berolahraga dan menghabiskan waktu untuk menghirup udara segar disini.

Di tamna ini banyak yang berjualan makanan dan umumnya dibeli setelah para pengunjung selesai berolahraga. Salah satunya kerak telur. Kerak telur ini menjadi salah satu pilihan favorit pengunjung taman hutan tebet.