Ingin Makan Enak Selama Pandemi? Membuat Sop Iga Rumahan Solusinya

Ingin Makan Enak Selama Pandemi? Membuat Sop Iga Rumahan Solusinya

Ingin Makan Enak Selama Pandemi? Membuat Sop Iga Rumahan Solusinya –¬†Pada masa pandemi seperti sekarang banyak sekali restoran – restoran diluar sana yang tutup karena tidak ada pelanggan yang datang atau tidak terjangkaunya layanan pesan antar secara online.

Banyak orang lebih memilih untuk membuat makanan sendiri dirumah daripada membeli makanan diluar. Tak hanya lebih murah membuat makanan di rumah sendiri tentu saja lebih sehat dan higienis. Dan yang paling penting memasak makanan sendiri dirumah akan membantu meredam Covid-19 karena meminimalisir kontak fisik.

Baca juga : INGIN MAKANAN SEHAT TAPI ENAK? YUK, BUAT SMOOTHIE BOWL!

Oleh karena itulah saya disini saya akan membagikan resep cara membuat sop iga rumahan dengan cita rasa indonesia bagian barat. membuat sop iga sendiri di rymah juga dapat melatih cara memasak dan membuat makanan dirumah menjadi variatif dan tentunya enak. Berikut ini adalah bahan – bahan yang dibutuhkan dan cara membuat sop iga rumahan :

Alat dan bahan :

  1. Kompor
  2. Panci besar ( mampu untuk menampung kira kira 1 KG daging iga dengan 1000 ml air)
  3. Pisau
  4. Ulekan
  5. Papan talenan
  6. Mangkok
  7. Sendok dan garpu

Bahan2 terdiri dari :
1. 1kg iga sapi
2. 1/4 kg kentang
3. 2 batang wortel
4. 9 siung bawang putih
5. 13 siung bawang merah
6. 40 butir merica
7. 7 buah Cengkeh
8. 1 buah pala ukuran sedang
9. 1 kelingking kayu manis
10. 25 butir rawit hijau
11. 1 ibu jari jahe
12. 1 buah bunga lawang
13. 2 batang seledri dan daun bawang.

Cara membuat :

1. Kupas dan potong kentang. Rendam di air. Merendam kentang di dalam air dilakukan untuk memperlambat proses oksidasi dan menjaga warna kentang.

  1. Rebus iga + 1000 ml air+ jahe yg sdh di siapkan sebelumnya. Rebus air terlebih dahulu dengan api besar dan turunkan suhunya ketika iga masuk. Tunggu warna daging iga sedikit berubah lalu tambahkan jahe yang sudah di geprek. Fungsi jahe disini adalah untuk membantu menghilangkan rasa amis dari daging. Jahe juga mengandung enzim proteolitik yang berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging dan membuat daging menjadi lebih empuk.
  2. Saat rebusan sdh mengeluarkan busa , buang busa nya sedikit demi sedikit. Rebus sampai iga nya empuk. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan lemak dan menghilangkan bau amis dalam rebusan iga.
  3. Buang sebagian air rebusan. Lalu tambahkan kembali air sampai kira2 1000 cc. Hal ini untuk membantu menghilangkan bau amis dari daging. Mengapa tidak membuang semua airnya? Hal tersebut dikarenakan jika kita membuang semua airnya cita rasa dari daging iga juga akan berkurang. Metode ini sangat berguna untuk menjaga keseimbangan cita rasa daging.
  4. Masukan kentang yg sdh di kupas dan potong cukup besar sebelumnya dan masukkan irisan wortel. Wortel dan kentang disini untuk menambah topping sayuran serta melengkapi kebutuhan serat dan vitamin untuk tubuh. Karena selain enak sebuah makanan juga harus berkhasiat.
  5. Haluskan merica + bawang putih + bawang merah. Setelah halus lalu tumis dalam minyak secukupnya. Tumis sampai harum lalu masukan ke rebusan iga tadi. Hal tersebut untuk menambah aroma rempah, memperkuat cita rasa, dan menambah rasa khas dari sop iga

    7.  Tambahkan cengkeh, pala dan bunga lawang yg sdh di haluskan+ kayumanis. Hal ini untuk membantu menambahkan aroma dari sop iga dan mempertegas cita rasa rempah

    8. Tambahkan Royco ayam + garam. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan rasa rempah – rempah dengan rasa gurih umami dari royco ayam dan garam.

    9. Terakhir pisahkan biji cabai rawit dengan cabainya dan masukkan kedalam rebusan sop iga untuk menambahkan cita rasa pedas. Hal ini juga dapat menggugah nafsu makan karena diyakini rasa pedas akan membuat nafsu makan meningkat.

    10. (Optional) tambahkan bawang goreng