Emie Masakan Medan yang Manis, Cocok untuk Sarapan

Emie Masakan Medan yang Manis, Cocok untuk Sarapan

Emie Masakan Medan yang Manis, Cocok untuk Sarapan – Medan adalah sebuah kota yang terletak di pulau Sumatra yang cukup terkenal akan kulinernya. Salah satu makanan khas kota Medan yang cukup di gemari adalah Emie. Emie adalah sebutan bagi orang Medan dari sebuah Mie Rebus Khas Medan yang dibaluri dengan kuah cokelat yang dibuat dari rebusan kulit udang dan kepala udang.

Baca juga : PENGEMBANGAN KULINER DI DESA NANGA SEMANGUT “KERUPUK BASAH”

Untuk isiannya sendiri, Emie biasanya menggunakan Tauge / Toge yang di taruh paling bawah, lalu dilanjutkan dengan mie yang agak tebal berwarna kuning dan diberikan topping berupa telur rebus, tahu, kentang, daun bawang, bawang goreng, udang rebus yang sudah dibumbui, bubuk udang ebi/hebi (yang biasanya diberikan di tukang pempek), tambahan jeruk nipis yang berfungsi untuk mengimbangi rasa manis dari kuah Emie serta kerupuk emping atau biasa juga menggunakan kerupuk udang.

Kebetulan orang tua saya dulu adalah pedagang makanan khas Medan karena ibu saya asli Medan. Tidak hanya Emie, tetapi ibu saya dulu juga menjual Lontong Sayur, Bihun Bebek, Nasi Kari Ayam, Mie Sop dan makanan khas Medan lainnya.

First Impression saya ketika makan Emie adalah enak! Kuahnya manis, kental dan aroma udang nya kuat sekali (karena saya pecinta udang). Kuah Emie yang manis akan menyelimuti seluruh topping yang hambar sehingga ikut terasa manis, eits tapi karena ada jeruk nipisnya jadi rasa yang manis itu tidak bikin enek loh! Jadi seger banget deh pokoknya. Emie juga cocok banget untuk menu sarapan kita karena tidak terlalu berat, bisa dilihat dari isiannya yang terlihat banyak hanya tahu kentang dan telur aja.

Jadi kalau Sahabat Kompasiana mampir ke Kota Medan, jangan lupa cobain, dijamin ketagihan deh, apalagi pecinta udang seperti saya.

Buat Sahabat Kompasiana yang udah pernah cobain, yuk share pengalaman kalian!