Bandrek, Minuman Khas Indonesia

Bandrek, Minuman Khas Indonesia

Bandrek, Minuman Khas IndonesiaMasa pandemik Corona telah membuat orang-orang menjadi kreatif, salah satunya rekan saya di komunitas Ketapels (komunitasnya Kompasianer warga Tangerang Selatan), Ono Sambunglango, sekarang menjadi pengusaha bandrek.

Baca juga : Pembuatan Ketupat Tradisional

Bandrek adalah minuman khas dari tatar Sunda, yang sering kita dapatkan di warung-warung di Bandung dan sekitarnya, dipasarkan pada malam hari sehingga rasa hangat bandrek mampu mengusir udara dingin.

Terobsesi oleh minuman bandrek ini, Ono lalu mengemasnya dalam botol plastik yang menarik dengan label yang milineal sehingga diharapkan minuman bandrek dalam kemasan ini mampu menyasar banyak kalangan.

Selain botolnya yang higienis karena tertutup rapat akibat tekanan mesin penutup, juga konsumen selalu diingatkan bahwa botol ini sekali pakai, agar jangan dipakai ulang. Labelnya itu yang membuat bandrek dalam kemasan ini memiliki nilai tambah.

Khususnya sangat layak diberikan kepada teman atau relasi sebagai hadiah. Ada tulisan “Untukmu ….”. Selain label untuk hadiah, label juga menjelaskan tanggal produksi, kurangnya belum ada tanggal kadaluwarsa. Juga cara penyajiannya dituliskan dengan jelas pada label agar saat memanaskan harus dituang dulu ke panci, jangan dipanaskan dengan kemasan plastik.

Selain itu selalu diingatkan agar dikocok dulu sebelum dikonsumsi agar rasanya merata. Agar awet dan tahan lama, bila belum mau dikonsumsi, sebaiknya bandrek kemasan ini disimpan di dalam mesin pendingin atau kulkas.

Pertama kali saya mengenal bandrek kemasan ini saat mas Ono melakukan IG Live bersama Ketapels dengan host Agatha Mey pada Sabtu 25 Juli 2020 yang lalu, bertajuk “Mengulik Khasiat Minuman Tradisional”.

Hari ini saya menerima penghormatan untuk menerima bandrek kemasan langsung dari pengusahanya, berupa paket bandrek original dan bandrek susu. Langsung saya coba dan saya menyukai rasa bandrek ini, karena mampu menghangatkan tubuh.

Bandrek kemasan buatan rumahan (home made) ini berbeda dengan bubuk bandrek, karena takarannya sudah pas, sehingga tidak terlalu pedas atau manis. Bagi Anda yang tertarik untuk memesan bandrek kemasan ini silakan hubungi mas Ono di IG @bandrek_r. Selamat mendapatkan kehangatan alami.