Ayam Tangkap, Ketika Ayam Goreng Bersembuyi di Balik Semak Pandan

Ayam Tangkap, Ketika Ayam Goreng Bersembuyi di Balik Semak Pandan

Ayam Tangkap, Ketika Ayam Goreng Bersembuyi di Balik Semak Pandan – Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh, yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Saat disajikan Ayam ini tampak unik, karena di piring juga ada banyak Daun pandan yang ikut tergoreng. Sehingga saat mau makan, seakan harus mencari-cari ayam yang sembunyi diantara tumpukan daun pandan.

Baca juga : Sate Taichan, Makanan Baru yang Merebut Hati Pencinta Kuliner

Dedaunan ini selain sebagai daya tarik hidangan, sekaligus bisa dijadikan sebagai lalapan kering pelengkap potongan ayam. Jika masih dalam keadaan hangat, dedaunan ini bercita rasa kering seperti kerupuk.
Di beberapat tempat, masakan ini dijuluki juga dengan istilah ayam tsunami dikarenakan masakan ini biasanya disajikan dengan ditebarkan di piring seperti ketidakteraturan setelah bencana tsunami.

Ayam Tangkap disajikan dengan daun-daunan seperti daun temurui dan daun pandan yang dirajang kasar serta digoreng renyah. Mencicipi daun renyah mungkin akan terasa aneh, namun apabila dipadukan dengan ayam goreng, menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat. Rasanya yang khas itulah yang menjadi keistimewaan dari menu Ayam ini.

Bagi yang baru pertama kali menikmati masakan Ayam Tangkap ini, biasanya akan merasakan sensasi rasa yang berbeda dengan masakan ayam lainnya. Rasa daging ayam yang gurih dipadukan dengan daun temurui dan daun pandan yang renyah tentu memberikan cita rasa yang khas pada makanan tradisional satu ini.
Menu Ayam ini sangat cocok disajikan selagi hangat bersama dengan nasi hangat juga.

Pembuatan Ayam Tangkap

Pengolahan ayam ini tidaklah sulit yaitu hanya dengan menggoreng setelah sebelumnya sudah terlebih dahulu diberi bumbu agar gurih saat disantap. Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, lada, kemiri, garam, dan jahe.

Setelah dibumbui, ayam lalu digoreng sekitar 5–10 menit. Pada saat yang bersamaan, dimasukkan pula beberapa genggam dedaunan bumbu yang akan disajikan bersama ayam sehingga rasa rempah dedaunan turut meresap ke dalam daging ayam.

Daun yang digunakan, di antaranya daun kari, potongan daun pandan, dan salam koja. Dedaunan itu pula yang kemudian menutupi sajian ayam tangkap pada setangkup piring. Setelah ayam matang, dedaunan ini memang tetap disajikan dengan menutupi ayam sehingga terlihat ayam sengaja diletakkan di bawah dedaunan.