7 Masakan khas Nusantara berbahan dasar ayam yang enaknya kebangetan

7 Masakan khas Nusantara berbahan dasar ayam yang enaknya kebangetan

7 Masakan khas Nusantara berbahan dasar ayam yang enaknya kebangetan – Daging ayam merupakan salah satu bahan masakan yang menjadi idola buat hampir semua orang. Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat nan menggugah selera. Di Indonesia sendiri, setiap daerah di Nusantara memiliki masakan khas yang berbahan dasar ayam dengan cita rasa berbeda antara satu daerah dengan lainnya.

Baca juga : 7 SAMBAL KHAS NUSANTARA PALING POPULER DAN BIKIN NAGIH

Meski memiliki cita rasa berbeda, masakan khas Nusantara berbahan dasar ayam ini semuanya enaknya kebangetan dan bisa bikin ketagihan. Apa saja masakan saja masakan tersebut? Simak yang berikut ini dan cari mana masakan kesukaanmu.

1. Ayam woku belangga

Ini merupakan masakan khas Manado-Minahasa di Sulawesi Utara. Ayam woku dimasak dengan berbagai bumbu rempah sehingga menghasilkan masakan yang menggugah selera dengan cita rasa juara. Disantap bersama nasi putih hangat dan taburan bawang goreng, ayam woku akan terasa semakin nikmat.

2. Ayam tangkap

Tak kalah lezat dari ayam woku, masakan khas Aceh ini juga memiliki rasa lezat dan menggugah selera. Dibumbui dengan bumbu khas Aceh menjadikan masakan ayam ini memiliki cita rasa berbeda dari masakan ayam lainnya di Indonesia.

Ayam betutu, ayam taliwang

3. Ayam betutu

Buat kita yang berkunjung atau berlibur ke Bali pasti akan menemukan masakan ayam satu ini. Ayam betutu. Ini merupakan masakan yang tak hanya lezat tetapi juga kaya nutrisi karena dimasak dengan bumbu rempah khas Bali yang terkenal menyehatkan.

4. Ayam taliwang

Pulau Lombok tak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang indah dan membuat siapa yang ke sana merasa nyaman. Lebih jauh, pulau Lombok juga terkenal dengan masakan enak khas masyarakatnya yang berbahan dasar ayam yakni ayam taliwang. Ayam taliwang yang dimasak dengan cara dioven atau dibakar bersama bumbu khas Lombok menjadikan masakan ini begitu menggugah selera.

5. Ayam goreng kalasan

Selain terkenal dengan berbagai wisata budayanya yang mengesankan, Jogjakarta juga terkenal dengan wisata kulinernya yang menggugah selera. Selain gudeg, ada ayam goreng kalasan yang memiliki rasa lezat dan siapa saja yang berkunjung ke Jogjakarta akan semakin jatuh cinta pada kota tersebut.

6. Ayam rica-rica

Selain memiliki masakan khas yakni ayam woku belangga, masyarakat Manado-Minahasa, Sulawesi Utara juga memiliki masakan ayam yang tak kalah lezat. Masakan tersebut adalah ayam rica-rica. Dimasak dengan bumbu rempah pedas, menjadikan masakan ini sulit buat ditolak.

7. Ayam penyet Jawa Timur

Masakan ayam penyet asal Jawa Timur mungkin cukup sederhana jika dibandingkan dengan masakan ayam lain di daerah lain di Indonesia. Meski begitu, ayam penyet ini memiliki rasa menggugah selera dan sangat lezat. Disantap bersama nasi putih hangat dan lalapan, menjadikan menu ini susah lepas dari kelezatannya.

Itulah beberapa masakan khas Nusantara yang berbahan dasar daging ayam lezat serta menggugah selera. Selain masakan di atas, masih ada masakan lain misalnya saja ayam bumbu rujak, opor ayam, tum ayam khas Bali, ayam bakar, ayam bumbu hijau khas Banda dan ayam goreng sasando khas Nusa Tenggara Tmur.