5 Tips Mengatasi Adonan Roti yang Bantat

5 Tips Mengatasi Adonan Roti yang Bantat

5 Tips Mengatasi Adonan Roti yang Bantat – Salah satu tahapan yang menentukan apakah kue atau roti yang kita buat berhasil adalah proses pengembangan adonan. Adonan yang mengembang dengan sempurna akan menghasilkan tekstur roti yang empuk dan lembut.
Pada dasarnya, proses ini terjadi ketika karbon dioksida diproduksi dan dilepaskan pada adonan, membuatnya jadi lebih mengembang. Rata-rata, lama waktu yang dibutuhkan oleh adonan kue atau roti ini untuk mengembang adalah selama satu jam, sebelum kemudian dipanggang menggunakan oven.

Baca juga : Panduan sarapan dari seluruh dunia

Namun, terkadang meski sudah menunggu lama, adonan kita tak kunjung bertambah ukurannya, alias bantat. Padahal, kita sudah mengikuti takaran dan tahapan sesuai resep. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan adonan tersebut?

Berikut ini telah kumparan rangkum, lima tips mengatasi adonan kue atau roti yang tidak mengembang, di antaranya:

1. Cek suhu ruangan

Salah satu alasan kenapa adonan roti atau kue tak mengembang adalah suhu ruangan. Letakkan adonan di tempat yang lebih hangat dan perhatikan apakah temperatur tersebut bisa membuatnya mengembang.

Bila temperatur ruangan di rumah kurang ideal, coba letakkan adonan dalam oven yang sudah dinyalakan dalam suhu rendah atau di atas kompor supaya bisa mengembang.

2. Cek ragi yang dipakai

Bila suhu ruangan bukan jadi sumber permasalahannya, coba cek tanggal kedaluwarsa pada ragi yang kamu gunakan. Bila tanggalnya masih aman, bisa jadi tempatmu menyimpan ragi terlalu panas, dan membuat jamur ragi di dalamnya mati.

Belilah ragi baru, dan aktifkan dengan mencampurnya dalam segelas air hangat. Kemudian, tambahkan satu sendok makan gula.

Setelah ragi aktif (ditandai dengan munculnya gelembung udara), campurkan ragi ke dalam adonan. Metode ini bisa membantu adonanmu yang bantat jadi mengembang.

3. Cek tepungnya

Dilansir leaf TV, alasan lain kenapa adonan kuemu bantat dan tak mau mengembang karena kurangnya jumlah tepung yang dipakai. Kita bisa mengetahuinya dari konsistensi adonan.

Bila adonan terasa terlalu basah atau lengket, tambahkan sedikit tepung. Cukup masukkan lagi seperempat cup tepung pada adonan, untuk melihat apakah cara ini bisa membuatnya mengembang.

4. Uleni lagi

Bila adonan masih tak mau mengembang, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menguleni adonannya lagi. Keluarkan adonan dari dalam mangkuk dan uleni beberapa kali.

Jangan lupa untuk menaburkan sedikit tepung pada permukaan tempat kita menguleninya, namun jangan sampai juga menambahkan tepung terlalu banyak.

5. Olah jadi hidangan lainnya

Sudah coba berbagai cara, tapi adonan roti masih tak mengembang juga? Terlalu banyak mengutak-atik adonan untuk membuatnya mengembang, justru malah akan memperburuknya.
Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membuat adonan roti baru. Jangan buru-buru membuang adonan roti yang bantat, kamu masih bisa mengolahnya jadi berbagai kreasi lainnya, lho.
Misalnya, pipihkan adonan hingga sangat tipis, lalu panggang jadi kraker. Atau, kamu bisa merentangkannya sampai pipih, dan masak di atas kompor untuk membuat flatbread.