5 Tata Cara Makan Ramen Jepang agar Rasanya Semakin Nikmat

5 Tata Cara Makan Ramen Jepang agar Rasanya Semakin Nikmat

5 Tata Cara Makan Ramen Jepang agar Rasanya Semakin Nikmat – Kuliner Jepang memang sudah melekat dalam budaya makan orang Indonesia sejak dahulu kala. Ini karena selera makan kedua negara ini cocok. Mulai dari bumbu dasar, rasa, hingga cara menyantap orang Jepang yang unik juga diikuti oleh masyarakat Tanah Air.

Sebut saja sushi. Makanan ini begitu klop dengan lidah kita karena masih sama-sama berbahan dasar nasi. Meski topping-nya memakai ikan mentah, tapi toh kita juga terbiasa bahkan memiliki jenis makanan khas yang sama.

Baca juga : Inilah 5 Pusat Kuliner Betawi di Jakarta

Belum lagi kecintaan masyarakat Indonesia dengan ramen. Di sini ramen bahkan disajikan dalam beberapa level kepedasan; karena memang kita suka sekali menikmati mi kuah dengan tambahan cabai. Hidangan ini juga langsung cocok di lidah kita. Enggak heran kalau hampir di setiap pusat perbelanjaan, pasti ada saja restoran ramen.

Berbicara soal budaya makan orang Jepang dan ramen, ternyata dalam menyantap mi kuah tersebut juga ada tata caranya, lho. Seperti apa cara menyantap ramen yang tepat? Berikut tipsnya seperti dilansir Business Insider.

1. Jaga sopan santun selama di kedai

Bila kamu menyantap ramen di negara asalnya, penting untuk menjaga sopan santun. Sebab warga Jepang begitu disiplin dalam segala hal, termasuk ketika menyantap ramen atau sushi. Jadi, sebaiknya jangan duduk di kedai terlalu lama, apalagi membawa makanan dan minuman dari luar, bisa-bisa kamu nanti di usir, lho.

2. Pesan porsi sesuai kebutuhanmu

Orang Jepang sangat menghargai makanan yang telah disajikan, sehingga kamu sepatutnya menghabiskan ramen hingga tuntas. Nah, ada tips jika kamu tak kuat menghabiskan satu porsi ramen regular yang besar, maka katakanlah ‘men-sukuname-de’ sehingga kamu bisa mendapatkan mangkuk lebih kecil.

3. Angkatlah mi sebelum memakannya

Sebelum menyantapnya, cobalah ambil mi menggunakan sumpit lalu angkat setinggi mungkin hingga tidak menempel dengan yang di mangkuk. Cara ini memudahkanmu ketika hendak menyeruput ramen.

4. Seruput mi dengan sepenuh hati

Makanan akan terasa nikmat ketika kamu benar-benar menikmatinya. Begitu juga saat menyantap ramen, seruputlah mi dan bayangkan kenyak serta gurihnya kuah ramen ketika melewati tenggorokanmu. Jangan lupa seruput dengan cepat agar sensasinya semakin terasa nikmat.

5. Minumlah kuah kaldu hingga habis

Bagian terakhir dari suatu makanan biasanya merupakan yang paling nikmat. Yup, dalam hal ini kuah gurih ramen adalah best part ketika kamu menyantapnya. Enggak heran kalau banyak orang yang rela meminum kuah ramen hingga habis.

Selain nikmat, dengan menyeruput kuah di mangkuk hingga habis itu juga menandakan bahwa kamu menghargai jerih payah sang koki dalam menghidangkan ramen lezatnya.