5 Olahan Masakan Ikan Khas Nusantara yang Enaknya Juara

5 Olahan Masakan Ikan Khas Nusantara yang Enaknya Juara

5 Olahan Masakan Ikan Khas Nusantara yang Enaknya Juara –¬†Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang kaya akan manfaat buat kesehatan tubuh. Ikan juga merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Menariknya nih ya, di Indonesia ada beragam masakan olahan ikan yang enaknya juara.

Baca juga : 10 BUBUR KHAS NUSANTARA DENGAN CITA RASA KHAS MENGGUGAH SELERA

Meski olahan ikan ini berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya, dijamin deh jika olahan masakan ikan ini siap memanjakan lidah siapa saja yang menikmatinya. Mengenai olahan masakan ikan, kalau Sahabat Fimela paling suka olahan ikan apa nih? Ikan bakar, ikan goreng, pepes ikan atau sup ikan? Berikut ada beberapa olahan masakan ikan khas Nusantara yang siap memanjakan lidahmu saat menikmatinya.

Gulai Ikan Patin khas Jambi

Olahan masakan ikan yang pertama ada gulai ikan patin khas Jambi. Dimasak gulai bersama bumbu rempah yang melimpah, gulai ikan ini memiliki rasa khas yang gurih dan menggugah selera. Di Jambi sendiri, gulai ikan patin sering dimasak bersama tempoyak atau daging buah durian yang telah difermentasi. Jika tak ada tempoyak, santan kelapa akan menjadi penggantinya.

Otak-otak khas Kepulauan Riau

Melansir dari laman brilicious.brilio.net, olahan masakan ikan selanjutnya yang menggugah selera dan enaknya juara adalah otak-otak ikan kepulauan Riau. Di Batam, Tanjung Pinang atau di Pulau Penyengat, otak-otak bisa ditemukan dengan mudah. Otak-otak khas kepulauan Riau ini umumnya dibuat dari ikan tengiri yang dicampur tepung serta bumbu kemudian dibungkus daun pisang dan dipanggang hingga matang.

 Sate Lilit dan Dua Lainnya

Sate Lilit khas Bali

Olahan masakan khas Nusantara selanjutnya yang sangat enak dan menggugah selera adalah sate lilit khas Bali. Makanan ini terbuat dari daging ikan cincang yang dicampur dengan kelapa parut dan bumbu khas Bali kemudian dililitkan ke batang serai dan selanjutnya dibakar hingga matang.

Bandeng Presto khas Semarang

Siapapun yang pernah berkunjung ke Semarang tak akan melewatkan oleh-oleh satu ini. Bandeng presto khas Semarang menjadi olahan masakan ikan khas Nusantara yang kelezatannya sudah terkenal hingga ke mancanegara. Masakan ini sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat dan sambal kecap pedas.

Pempek khas Palembang

Pempek juga dikenal dengan sebutan empek-empek. Ini merupakan olahan masakan ikan khas Palembang yang sangat lezat. Pempek biasanya dibuat dari ikan tengiriyang dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu, dikukus atau direbus kemudian digoreng lalu disajikan bersama kuah pempek khas Palembang.

Itulah beberapa olahan masakan ikan khas Nusantara yang enaknya juara. Tak hanya olahan ikan di atas, masih ada banyak olahan ikan yang super lezat dan menggugah selera antara lain Seruit khas Lampung, Gohu ikan khas Ternate, Sup Ikan Jantung Pisang khas Palu, Sate Bandeng khas Banten, Cakalang Rica-rica khas Manado, Ikan Pindang khas Makassar dan lainnya.