5 Makanan Belanda yang Terpengaruh Kuliner Indonesia

5 Makanan Belanda yang Terpengaruh Kuliner Indonesia

5 Makanan Belanda yang Terpengaruh Kuliner IndonesiaSebagai negara yang pernah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun, wajar kalau warisan kuliner negeri kincir menjadi bagian dari khasanah budaya kuliner kita. Sebut saja perkedel dan kastengel yang jadi makanan populer di Indonesia.

Baca juga : KULINER RAWON KEKINIAN, JADI NASI GORENG DAN RASA SALTED EGG

Tetapi tak hanya kuliner Belanda yang memiliki pengaruh besar bagi kuliner nusantara. Menurut Jeff Keasberry, pakar kuliner Hindia-Belanda pada Saborea Gourmet, makanan asal Indonesia juga memberikan pengaruh besar bagi kuliner negeri oranye itu.

Berikut ini beberapa makanan populer di Belanda yang ternyata berakar dari kuliner Indonesia.

Satekroket

Kalau yang satu ini merupakan jajanan pinggir jalan populer di Belanda. Pada dasarnya, hidangan ini adalah kroket biasa yang terbuat dari kentang dan daging cincang yang dibalut tepung panir sebelum digoreng.

Sentuhan Indonesia dalam kuliner ini bisa dilihat dari penambahan bumbu sate. Kalau biasanya kroket berisi ragout, satekroket berisi bumbu kacang dan kecap.

Nasibal

Bentuknya lebih mirip kroket, namun pada dasarnya nasibal adalah hidangan khas Indonesia yang disajikan dengan gaya makanan pinggir jalan Belanda.

Nasibal terbuat dari nasi goreng yang dibentuk menjadi bola-bola. Bola-bola nasi ini dibalut dengan remah roti kemudian digoreng.

Bamischijf

Bamischijf juga mengusung konsep penyajian yang hampir sama dengan nasibal dan satekroket. Hanya saja, di sini bukan nasi atau kentang yang digoreng renyah.

Bamischijf terdiri dari mi goreng yang dipadatkan hingga membentuk lempengan tebal, kemudian digulingkan di atas remah roti dan digoreng.

Patat Sate

Tampaknya warga Belanda memang sangat menggemari sate. Karena itulah, bumbu kacang khas nusantara itu dikreasikan dengan berbagai makanan di sana. Salah satu yang paling populer adalah patat sate.

Patat sate menghadirkan kentang yang dipotong tebal memanjang, kemudian digoreng dan disajikan dengan topping bumbu sate.

Rijsttafel

Rijastaffel adalah contoh perpaduan kuliner Indonesia dan Belanda yang kini sudah menjadi salah satu makanan nasional di negeri kincir. Pada dasarnya, Rijsttafel adalah konsep penyajian makanan layaknya jamuan.

Konsep penyajiannya mengusung ciri khas kuliner Padang di mana nasi dan berbagai macam lauk dalam porsi kecil disajikan secara bersamaan di atas meja.

Itulah beberapa makanan Belanda yang terinspirasi oleh makanan Indonesia.