4 Masakan Asia yang Bisa Siap dalam 30 Menit

4 Masakan Asia yang Bisa Siap dalam 30 Menit

4 Masakan Asia yang Bisa Siap dalam 30 Menit – Selagi keluarga masih terus di rumah saja demi menghindari penyebaran dan penularan virus corona tipe baru penyebab Covid-19, makanan rumah yang mudah disiapkan bisa menjadi penyelamat perut yang mudah lapar. Berikut ide masakan dari Asia yang bisa disiapkan dalam waktu 30 menit,

Baca juga : Terbit Tren Membuat Banana Bread di Masa Pandemi

Mi instan

Mi instan bisa dibuat lebih lezat dengan tambahan aneka bahan pelengkap – (Pxfuel))

Chef berbintang Michelin dari restoran Cote di Manhattan David Shim merekomendasikan mi instan sebagai makanan yang lezat dan bisa dimasak dalam waktu cepat. Agar mi instan tidak membosankan, perlu ada penambahan beberapa bahan pelengkap lain.

Pilih jenis mi instan yang paling disukai. Shim menyukai mi instan shin ramyun. Shim biasanya memasak shin ramyun dengan menambahkan pasta miso dan dumpling beku saat proses perebusan.

Okonomiyaki

Okonomiyaki merupkan makanan khas Osaka, Jepang. – (Republika/Farah Noersativa)

Dilansir laman Insider, chef berbintang Michelin asal Selandia Baru Josh Emett merekomendasikan okonomiyaki untuk disantap bersama keluarga selama karantina mandiri. Salah satu alasannya, okonomiyaki bisa dibuat dengan menggunakan berbagai macam sayuran yang disukai dan ada di rumah dalam sekejap.

“Makanan ini sangat efektif dari segi biaya dan mudah untuk dibuat,” tukas Emett.

Untuk membuat adonan, bahan yang dibutuhkan hanyalah tepung, telur, air putih, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai untuk menambah rasa. Bila ada, Emett juga merekomendasikan penambahan sedikit tepung jagung untuk membuat tekstur okonomiyaki menjadi garing di bagian luarnya.

Adonan ini bisa ditambahkan dengan berbagai sayuran sesuai selera. Emett selalu menambahkan kol kedalam adonan. Bahan-bahan lain yang kerap digunakan Emett untuk membuat okonomiyaki adalah udang, bawang bombai, dan wortel.

Untuk membuat variasi yang berbeda, mi telur dan keju juga bisa ditambahkan ke dalam adonan okonomiyaki. Setelah adonan dimasak hingga matang, tambahkan saus okonomiyaki dan mayones di atasnya untuk menambah rasa.

“Bila Anda mempunyai bonito flake, tambahkan juga di atasnya. Anda akan melihat bonito flake seperti menari,” ungkap Emett.

Nasi goreng kimchi

Nasi goreng kimchi – (Wikimedia)

Pemilik sekaligus chef berbintang Michelin dari Kali Restaurant Kevin Meehan merekomendasikan nasi goreng kimchi jika ingin masak dengan cepat. Untuk membuat nasi goreng kimchi, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, yaitu kimchi, nasi putih , dan telur.

Untuk membuat nasi goreng kimchi, cukup campurkan semua bahan dan masak di satu wajan hingga matang. Meehan kerap menambahkan kimchi, kecap asin, telur yang sudah diiris-iris, dan sedikit perasan limau di atas nasi goreng kimchi. Untuk menambahkan tekstur, Meehan biasanya menyajikan bawang bombai dan wortel tumis sebagai pendamping.

Yakitori

Meehan juga merekomendasikan yakitori sebagai salah satu makanan yang bisa dibuat dengan cepat selama karantina mandiri. Yakitori adalah sate paha ayam ala Jepang yang dibuat dengan cara dibakar atau dipanggang.

Marinasi daging paha ayam dengan bawang putih dan bawang bombai terlebih dahulu. Setelah itu, susun daging paha ayam di tusukan sate. Bakar atau panggang daging ayam hingga matang.

Sajikan yakitori dengan nasi putih panas. Terkadang, Meehan menambahkan potongan bawang putih dan jahe saat memasak nasi sehingga nasi menjadi lebih kaya rasa.