4 kue tradisional yang terbuat dari kelapa parut enak menggugah selera

4 kue tradisional yang terbuat dari kelapa parut enak menggugah selera

4 kue tradisional yang terbuat dari kelapa parut enak menggugah selera – Indonesia merupakan negara dengan kekayaan budaya dan kuliner yang mengagumkan. Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan beragam kue tradisional yang enak, menggugah selera dan bikin siapa saja tak kuasa menahan kelezatannya.

Baca juga : DAFTAR MAKANAN PALING ENAK DI INDONESIA, MANA KESUKAANMU?

Bicara mengenai kue tradisional, kali ini Fimela punya daftar kue tradisional dengan bahan dasar kelapa parut. Kue-kue ini memiliki rasa enak. Kue ini juga bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Apa saja kue tersebut?

Kue pancong

Kue pertama ada kue pancong. Ini merupakan kue khas Betawi yang memiliki cita tasa manis sekaligus gurih. Kue pancong terbuat dari bahan utama kelapa parut kasar, santan kelapa dan tepung beras. Cara penyajiannya adalah dengan disiram taburan gula putih halus atau siraman gula jawa cair.

Kue wingko babat

Kue selanjutnya yang juga berbahan dasar kelapa parut ada wingko babat. Bahan-bahan untuk membuat wingko babat adalah tepung ketan, kelapa parut dan gula pasir. Adonan dibuat pipih kemudian dipanggang atau dibakar hingga matang dan menghasilkan rasa manis, gurih serra menggugah selera.

Kue putu dan geplak

Kue putu

Ada ciri khas tersendiri dari kue putu. Saat memasaknya, kita akan mendengar suara nging yang cukup menggangu pendengaran. Tapi, kalau sudah mencium aroma putu yang mulai matang, kita akan lupa pada suara nging (berdengung) tersebut. Kue putu terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, garam dengan isian gula merah di dalamnya. Agar rasa kue putu semakin gurih, biasanya akan ditambahkan taburan kelapa parut di atasnya.

Geplak

Ini adalah satu lagi kue tradisional yang terbuat dari kelapa parut, geplak. Geplak merupakan kue tradisional khas Yogyakarta. Bahan untuk membuat geplak antara lain tepung beras, gula pasir, gula merah dan kelapa parut. Agar warnanya makin menarik, biasanya akan ditambahkan pewarna makanan pada geplak.

Itulah beberapa kue tradisional yang terbuat dari kelapa parut. Dari beberapa kue yang ada, mana nih kesukaanmu?