Month: July 2020

Milk Candy Milkshake ala Yummy, Segarnya Sampai Kerongkongan

Milk Candy Milkshake ala Yummy, Segarnya Sampai Kerongkongan

Milk Candy Milkshake ala Yummy, Segarnya Sampai Kerongkongan – Cuaca yang sedang panas-panasnya seringkali membuat kita cranky. Tenang, kamu bisa membuat minuman segar yang bikin tenggorokan dan hati jadi adem. Kamu bisa membuat milk candy milkshake yang sangat menyegarkan. Perpaduan susu dan es krimnya memunculkan rasa vanilla…

Kuliner Murah nan Lezat yang Bikin Makin Kangen sama Jogja

Kuliner Murah nan Lezat yang Bikin Makin Kangen sama Jogja

Kuliner Murah nan Lezat yang Bikin Makin Kangen sama Jogja – Kalian semua pasti tau Jogja kan? Terutama yang doyan traveling nih pasti pernah mengunjungi daerah tersebut. Yap, Jogja atau Yogyakarta merupakan suatu daerah yang terletak di Pulau Jawa, daerah tersebut menerapkan sistem pemerintahan kerajaan atau…

Cara Membuat Nasi Hainan Enak Khas Tiongkok ala Yummy

Cara Membuat Nasi Hainan Enak Khas Tiongkok ala Yummy

Cara Membuat Nasi Hainan Enak Khas Tiongkok ala Yummy – Kamu bisa menemui nasi Hainan di berbagai kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Nasi ini sebenarnya berasal dari wilayah Hainan, Tiongkok.

Biasanya, nasi Hainan disajikan bersama ayam yang direbus dengan bumbu khas Hainan. Kombinasi bahan-bahan untuk membuat nasi Hainan memunculkan rasa agak berminyak dan sangat gurih.

Baca juga : KULINER MURAH NAN LEZAT YANG BIKIN MAKIN KANGEN SAMA JOGJA

Untuk variasi nasi sehari-hari, kamu bisa membuat nasi Hainan ala aplikasi Yummy  App berikut ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 350 ml kaldu ayam
  • 200 gram beras
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok teh minyak wijen
  • 2 ruas jahe
  • 1 sendok makan minyak sayur

2. Masukkan beberapa bahan ke dalam rice cooker

Siapkan rice cooker terlebih dahulu, lalu tambahkan minyak wijen, jahe cincang, bawang putih, dan minyak sayur ke dalamnya. Tutup rapat dan biarkan sampai mengeluarkan aroma yang harum.

3. Tambahkan beras bersama kaldu ayam ke dalamnya

Saat mulai tercium aroma harum, segera masukkan beras yang telah dicuci bersama dengan kaldu ayam. Masak sampai beras benar-benar matang. Setelah matang, buka rice cooker dan aduk nasi, supaya tidak lengket.

4. Sajikan selagi hangat!

Ambil sebagian nasi Hainan untuk diletakkan ke dalam mangkuk. Biasanya, nasi Hainan disajikan bersama dengan ayam khas Hainan. Nah, kalau kamu gak punya, bisa makan nasi Hainan dengan aneka ragam lauk lainnya, kok!

Wah, bisa mencicipi nasi Hainan, tanpa harus ke Tiongkok dulu, nih! Buruan dicoba!

Bikin Spaghetti Itu Tak Sesulit yang Kamu Kira

Bikin Spaghetti Itu Tak Sesulit yang Kamu Kira

Bikin Spaghetti Itu Tak Sesulit yang Kamu Kira – Makanan khas negara Italia satu ini memang sukses buat lidahmu berdecak. Bukan hanya dari tampilannya yang menggiurkan, tapi juga kelezatannya tak tertandingi. Dengan berbagai bumbu pasta negara barat, kamu seperti telah menikmati seluruh kuliner Italia. Tampilan dan…

Penjual Jajanan Kaki Lima di India yang Lekat dengan Stigma Jorok

Penjual Jajanan Kaki Lima di India yang Lekat dengan Stigma Jorok

Penjual Jajanan Kaki Lima di India yang Lekat dengan Stigma Jorok – India, dikenal sebagai negara yang kaya akan budayanya. Nggak sulit untuk menemukan monumen atau bangunan-bangunan bersejarah di negara beribu kota New Delhi itu. Salah satu bangunan yang jadi ikon negara India dan sering jadi…

Menelusuri Asal Muasal Mangkuk Ayam Jago

Menelusuri Asal Muasal Mangkuk Ayam Jago

Menelusuri Asal Muasal Mangkuk Ayam Jago – Mangkuk bergambar ayam jago mestinya sudah bukan benda yang asing lagi di mata pecinta kuliner lokal Indonesia. Mulai dari tukang bakso gerobakan, abang mi ayam tenda, sampai pemilik warung masakan Padang, kerap menggunakan mangkuk legendaris ini saat menyajikan hidangannya ke tangan konsumen. Saking sudah jadi ikon, kita nggak pernah lagi mengomentari mangkuk ini saat sedang makan di warung atau pinggir jalan, soalnya memang mangkuk ini udah identik sama jajanan kaki lima.

Baca juga : PESMOL IKAN MAS, LUPAKAN NGE-MAL

Meski sudah sejak lama dikenal sebagai mangkuk bakso dan mi ayam pinggir jalan, bahkan sejak ayah ibu kita muda dulu, ternyata mangkuk ini justru dikabarkan bukan berasal dari negara kita lo! Meski begitu, tahun 2017 lalu sempat beredar kabar kalau ada satu perusahaan di Indonesia yang mengklaim gambar ayam jago di mangkuk itu milik mereka. Perusahaan keramik itu juga bilang kalau siapapun yang memakai gambar itu tanpa seizinnya bakal didenda sampai 2 miliar! Nggak cuma itu aja, masih ada sejumlah fakta menarik lainnya soal mangkuk ayam jago ini. Penasaran? Simak, yuk, ulasan Hipwee News and Feature kali ini~

Mangkuk ayam jago yang sudah melegenda di negeri kita ini ternyata disinyalir berasal dari Tiongkok lo. Di sana mangkuk ini dikenal dengan nama Jigongwan, Gongjiwan, atau Jijiaowan

Walau sudah jadi legenda di Indonesia, ternyata mangkuk bergambar ayam jago ini berasal dari negeri Tiongkok. Di sana, mangkuk ini punya sebutan yang berbeda-beda. Orang kanton biasa menyebutnya Jigongwan. Orang-orang di Tiongkok utara akrab dengan sebutan Gongjiwan. Sedangkan penduduk di Tiongkok bagian selatan lebih sering menyebut Jijiaowan. Nah, ternyata di negara asalnya, mangkuk ini nggak cuma populer sebagai perlengkapan makan aja tapi juga sering jadi properti film-film Hong Kong karya Stephen Chow tahun 90-an.

Tapi jauh sebelum mangkuk ini muncul di film-film Cina, ternyata keberadaannya sudah ada sejak zaman Dinasti Ming, atau sekitar tahun 1400-an! Wah, tua banget ya!

Dilansir dari National Geographic, popularitas mangkuk bergambar ayam jago ini bermula dari Dinasti Ming, tepatnya saat dipimpin oleh Kaisar Chenghua (1465-1487). Waktu itu, ia memesan 4 buah cawan bergambar ayam jago dan ayam betina ke pengrajin keramik kerajaan di daerah Jingdezhen (Provinsi Jiangxi). Kaisar memesan cawan tersebut khusus untuk dirinya dan istrinya sebagai tanda cinta.

Ternyata secara simbolis, gambar ayam jago itu punya makna yang begitu dalam. Inilah yang membuat mangkuk ini kemudian banyak disukai kaisar-kaisar Tiongkok lainnya

Kata Ji yang berarti ‘ayam’, mirip bunyinya dengan kata Jia yang berarti ‘rumah’. Sedangkan gambar tanaman peoni yang bersanding dengan gambar ayam jago melambangkan kekayaan. Sementara pohon pisan yang berdaun lebar, bermakna keberuntungan untuk keluarga. Karena maknanya yang begitu kaya dan sarat akan harapan atau doa baik, banyak kaisar lain yang juga sangat menyukainya, di antaranya Kaisar Wanli (1572-1620) dan Kaisar Kangxi (1661-1722) dari Dinasti Qing.

Pada 1776 ada Kaisar Qian Long (1735-1796) yang bahkan sampai membuat puisi khusus yang memuja mangkuk ayam jago itu, saking sukanya.

Nah, pada masa Dinasti Qing inilah, mangkuk legendaris tersebut mulai diproduksi massal. Nggak cuma orang-orang dari kerajaan aja yang bisa pakai, masyarakat kelas menengah ke bawah pun juga bisa menggunakannya

Pesmol Ikan Mas, Lupakan Nge-Mal

Pesmol Ikan Mas, Lupakan Nge-Mal

Pesmol Ikan Mas, Lupakan Nge-Mal – Saat masuk kerja baik ke kantor atau pun bekerja dari rumah sering pilihan makanan jatuh ke jenis yang praktis alias cepat saji. Akhir pekan membuat makanan tradisional yang kental dengan rempah nusantara adalah surganya tinggal di Indonesia yang kaya dengan…

Klepon Haram? Berikut Penjelasannya

Klepon Haram? Berikut Penjelasannya

Klepon Haram? Berikut Penjelasannya – Klepon adalah jajanan khas Indonesia yang kini ramai diperbincangkan di media sosial. Klepon sendiri adalah camilan yang sejarahnya menarik untuk diketahui. Baca juga : BOLU GEDONG MAJA OLEH-OLEH KHAS MAJALENGKA Di dalam pusaka Keraton Surakarta, yaitu Serat Centhini, memuat jajanan klepon…

Bolu Gedong Maja Oleh-oleh Khas Majalengka

Bolu Gedong Maja Oleh-oleh Khas Majalengka

Bolu Gedong Maja Oleh-oleh Khas Majalengka – Beberapa waktu lalu, teman kakak saya mampir ke rumah. Ya, hanya mampir. Tapi walaupun mampir, nyatanya teman kakak saya itu memberi oeh-oleh loh. Jadi ya, apakah mampirnya benar-benar mampir karena kebetulan lewat atau mampir yang disengaja, saya tidak tahu.

Baca juga : RESEP KERANG KUAH PEDAS ALA YUMMY APP, BIKIN LANGSUNG JATUH CINTA

Yang jelas, teman kakak saya itu mampir dan memberikan oleh-oleh dari kota asalnya. Tapi ya sudahlah. Saya tidak ingin bahas orangnya. Bahas oleh-olehnya saja. Hehe.

Dari pembicaraan kakak saya dan temannya yang saya dengar samar-samar, rupanya teman kakak saya itu berasal dari Majalengka. Jadi tentu saja ia memberikan makanan oleh-oleh Majalengka pula. Yang tak lain adalah Bolu Gedong Maja. Namun, nama Bolu Gedong Maja itu terasa asing bagi saya.

Karena sekalipun saya memiliki banyak teman orang Majalengka, saya tidak pernah mendengar nama Bolu Gedong Maja dari mereka. Dan kali ini, saya justru mengetahuinya dari orang asing yang berasal dari Majalengka.

Jika dilihat dari bentuknya, Bolu Gedong Maja ini hampir mirip dengan Bolu Susu Lembang yang menjadi makanan oleh-oleh kota asal saya, Bandung. Mulai dari panjangnya, lebarnya, teksturnya, sampai taburan keju yang menjadi toping bolunya. Hm.. benar-benar hampir sama persis. Namun, kedua bolu tersebut tetap saja memiliki perbedaan.

Salah satu diantaranya adalah rasa.  Jika Bolu Susu Lembang terkenal dengan varian rasa susu dan coklat, Bolu Gedong Maja ini justru memiliki cita rasa mangga yang khas.

Aroma mangganya tercium menggoda, serta rasa mangga yang tetap berasa walaupun telah menjadi olahan dalam bentuk bolu. Jadi, tentu saja kamu akan merasakan cita rasa yang berbeda walaupun keduanya memiliki beberapa persamaan.

Selain rasa, perbedaan kedua bolu tersebut tentu saja terlihat dari motif kemasannya. Seperti yang diketahui, Bolu Susu Lembang memiliki kemasan yang bergambar pepohonan dan pegunungan. Ditambah logonya yang bergambar sapi dan tulisan ‘Lembang Bolu Susu’ dibawah gambar sapi tersebut.

Sedangkan Bolu Gedong Maja memiliki kemasan yang menggambarkan buah mangga segar beserta logonya yang bergambar sesawahan dan sebuah tugu khas Majalengka. Yang setelah ditelusuri, ternyata tugu tersebut adalah Tugu Gedong Gincu yang menjadi ciri khas Majalengka.

Dimana Tugu Gedong Gincu tersebut menggambarkan bahwa Majalengka memiliki buah Mangga Gedong Gincu sebagai salah satu buah-buahan khasnya.

Hal ini terlihat dari bagian atas tugu tersebut yang menunjukkan replika dari buah Mangga Gedong Gincu. Yang kemungkinan besarnya, buah Mangga Gedong Gincu pula yang menjadi bahan dasar dari pembuatan Bolu Gedong Maja.

Resep Kerang Kuah Pedas ala Yummy App, Bikin Langsung Jatuh Cinta

Resep Kerang Kuah Pedas ala Yummy App, Bikin Langsung Jatuh Cinta

Resep Kerang Kuah Pedas ala Yummy App, Bikin Langsung Jatuh Cinta – ernah mendengar kerang batik? Nah, kerang ini gak kalah enak dengan kerang dara atau kerang hijau. Apalagi kalau diolah dengan kuah pedas, rasanya makin sedap. Baca juga : STAYCATION AMAN DEKAT BOGOR Daripada penasaran…