10 Oleh-Oleh Khas Kota Cianjur

10 Oleh-Oleh Khas Kota Cianjur

10 Oleh-Oleh Khas Kota Cianjur – Liburan ke Cianjur? Jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas Cianjur yang kekinian, tahan lama dan harga terjangkau.

Baca juga : 10 MAKANAN TRADISIONAL KHAS BALI

Tidak hanya dikenal sebagai kota wisatawa, Cianjur juga memiliki beragam kuliner dan jajanan yang menarik dan patut Anda coba. Berkunjung ke Cianjur rasanya tidak lengkap jika tidak membawa buah tangan untuk keluarga atau orang yang disayang. Membawa oleh-oleh ini tentunya cocok untuk keluarga dirumah atau mungkin kerabat disekitar tempat tinggal anda. Nah yuk simak sederet oleh-oleh khas Cianjur yang cocok untuk keluarga.

1. Mochi

Ketika berkunjung ke Cianjur Anda akan menemukan sederet mochi yang dijual dipinggir jalan. Jajanan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Mochi adalah makanan yang sering juga dijumpai di Bandung dan memiliki rasa yang manis dan gurih. Makanan ini menggunakan bahan dasar tepung kanji dan bagian dalamnya berisi dengan kacang tanah.

Saat menggigit mochi Anda akan mendapati rasa yang gurih dan juga manis. Oleh-oleh khas Cianjur ini sangat cocok dipadukan bersama dengan secangkir kopi hangat. Hampir semua toko oleh-oleh di Cianjur menjual mochi sebagai oleh-oleh khas. Harganya pun cukup terjangkau di kantong anda. Satu box mochi akan dibandrol dengan kisaran harga 4000 hingga 6000 rupiah saja.

2. Keripik Singkong

Keripik singkong adalah salah satu jajanan khas Cianjur yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Meskipun terlihat sederhana, namun kripik singkong khas Cianjur memiliki citarasa yang berbeda. Hal ini karena kripik singkong Cianjur menggunakan bahan singkong yang berkualitas unggulan. Makanan ini juga sangat ringan untuk dibawa kemana mana dan tentunya bisa dijadikan teman bersantai bersama pasangan atau keluarga.

3. Marici Putu mayang

Kata Marici merupakan singkatan untuk makanan riangan Cianjur. Cita rasa untuk marici putumayang ini sangatlah gurih dan teksturnya pun sangat renyah. Tak heran jika oleh-oleh khas Cianjur ini banyak diburu oleh wisatawan. Umumnya Marici memiliki tiga varian yaitu putumayang, rengginang dan rangginang. Ketiga varian ini dibuat dengan bahan yang berbeda.

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas dari Cainjur ini Anda bisa datang langsung ke toko Marici di Cianjur atau bisa juga dipesan secara online. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu sekitar 37.500 per pack. Makanan ringan ini sangat cocok dijadikan camilan bersama keluara dan pastinya ringan untuk dibawa pulang.

4. Beras Pandanwangi

Oleh-oleh yangb isa Anda bawa untuk orang dirumah adalah beras pandanwangi. Bahan mentah ini merupakan salah satu makanan pokok yang khas di kalangan masyarakat Cianjur. Anda bisa membawanya sebagai oleh-oleh karena memiliki rasa yang sangat enak dan aroma khas untuk ukuran beras. Untuk bisa membelinya Anda harus merogoh kocek yang sedikit lebih mahal. Bagaimana tertatik untuk membeli?

5. Roti Manis Tan Keng Cu

Roti manis ini adalah buah tangan khas Cianjur yang wajib Anda coba. Tan Keng Cu sendiri telah diburu sejak 1926 tahun silam dan selalu menjadi primadona kuliner di kota tersebut. Roti ini memiliki daya yang tahan lama untuk disebut sebagai oleh-oleh dan paling banyak diburu oleh para wisatawan. Roti tardisional ini juga sangat manis dan menawarkan citarasa yang begitu lezat dengan tekstur yang lembut.

Pembuatan roti manis tan keng cu sendiri masih menggunakan cara cara tradisional. Anda bisa membeli roti ini di jalan. HOS Cokrominoto No. 95 Muka Cianjur. Di toko bakeray tersebut akan ada banyak sekali jajanan atau jenis kue yang dijual mulai dari harga 2.500 hingga 5.000 rupiah perbungkusnya. Roti ini juga cukup tahan awet untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

6. Roti Popon

Roti Popon adalah roti yang berbahan dasar tepung yang memiliki isian coklat atau pisang. Buah tangan kahs Cainjur ini bisa disantap bersama dengan keluarga di rumah. Anda bisa menyeduh kopi hangat atau segelas minuman segar untuk menikmati rasa roti yang khas dan unik. Roti khas Cianjur ini memiliki tekstur yang lembut dan sangat manis di lidah. Harganya pun juga sangat terjangkau dan mudah ditemui di beberapa toko oleh-oleh Cianjur.

7. Asinan dan Manisan Buah

Salah satu jajanan khas Cianjur yang tidak boeh dilewatkan adala asinan dan manisan buah. Makanan ini sangat cocok disanta ketika cuaca sedang panas ataupun disantap bersama kudapan ringan. Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun terbilang mudah ditemukan. Biasanya para pedagang akan menjual manisan yang berbahan dasar buah mangga, kedondong, sayuran bayam, terong hingga sawi dan menambahkan sedikiti kuah sebagai bumbu.

Rasa dari manisan ini jelas tidak pelu dipertanyakan. Manisan dan asinan ini akan memiliki rasa yang asam manis ataupun rasa yang pedas. Anda bisa menjumpai manisan ini di berbagai sudut kota yang ada di Cianjur. Namun manisan dan asinan buah yang cukup terkenal berada di Mulia Sari Ny. Tan di Jln. HOS Cokroaminoto. Cukup merogoh kocek sekitar 3 riu ruiah saja Anda bisa menikmati asinan khas Cianjur ini.

8. Tauco Cookies

Conajur dikenal memiliki rasa tauco yang berbeda di daerah lainya. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, Tauco juga sudah dimodifikasi menjadi kue kering yang sangat lezat. Jajanan khas Cianjur ini memiliki rasa yang khas dan juga beragam varian rasa seperti rasa coklat, kurma, pisang dan rasa original. Bila Anda ingin mendapatkanya, Anda bisa mengunjungi Jln Mangunkarso Gang Melati No.1 Cianjur

9. Kentang Stick

Camilan ringan yang cocok dijadikan buah tangan adalah kentag stick yang memiliki rasa yang lezat dan enak. Sehingga akan sangat cocok digunaan sebagai salah satu buah tangan untuk orang dirumah. Sesuai dengan namanya, kentang stick adalah oleh-oleh khas Cianjur yang dibuat dari kentang yang dipotong kecil kecil. Potongan kecil ini kemudian digoreng dan ditaburi beberapa bumbu khusus dengan beragam varian rasa.

Makanan ini sangat cocok dijadikan hidangan makanan ringa saat sedang duduk santai bersama dengan teman ataupun keluarga. Anda bisa berkunjung ke Jln. Yunus Usman dekat dengan stasiun untuk bisa membeli camilan steak kentang ini. Harga yang dibandrol pun hanya berkisar 2 ribu rupiah saja.

10. Tauco Cianjur

Meskipun mudah sekali menjumpai makanan ini di pasar tradisional, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk membeli Tauco di daerah Cianjur. Tak hanya cocok dijadikan pelengkap sayuran, tauco juga sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang dirumah. Anda bisa mendapatkan makanan ini di Jln HOS Cokromanoto yang sudah buka sejak 1886 silam. Harga jajanan ini pun terbilang murah yaitu sekitar 12 ribu rupiah hingga 16 ribu rupiah per toples.
Itulah beberapa jajanana oleh-oleh khas Cianjur yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga, kerabat atau sahabat. Anda bisa membeeli semua buah tangan tersebut di toko oleh-oleh yang ada di Cianjur. Tentunya Anda harus pandai untuk memiliih jajanan buah tangan yang pas. Carilah oleh-oleh yang tahan lama agar bisa dinikmati bersama keluarga.