Es Ketimun Jeruk Nipis

Sebagian orang menganggap buah ketimun adalah sayuran, sehingga olahannya pun hanya sebatas pada olahan seperti halnya sayuran, buah yang dalam bahasa latinnya bernama Cucumis sativus ini hanya disajikan dalam bentuk lalapan, salad, atau acar. Hal ini karena ketimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga berfungsi menyejukkan.

Buah ketimun sendiri memiliki kandungan vitamin A, B, dan C serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, silika, potasium, magnesium, dan serat. Selain berbagai vitamin yang terkandung ternyata biji ketimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus dan juga bermanfaat sebagai anti inflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.

Dengan banyaknya manfaat buah ketimun, di artikel ini akan memberikan resep ketimundalam bentuk minuman yang menyegarkan. Berikut ini adalah resep Es Ketimun Jeruk Nipis.

Bahan Es Ketimun Jeruk Nipis:

·    5 buah ketimun
·    4 buah jeruk nipis, lalu diperas airnya
·    500 ml air

Bahan Sirup:

·    250 gram gula pasir
·    200 ml air

Bahan Pelengkap:

·    250 gram nata de coco
·    350 gram es batu
·    1 sendok makan selasih, direndam air

Cara membuat:

Pertama dengan membuat sirup dengan mencampur gula pasir dan air. Kemudian masak tanpa diaduk sampai dengan gula larut. Lalu dinginkan. Sementara itu blender buah ketimun, air, dan sirup sampai lembut. Lalu saring dan tambahkan air jeruk nipis. Kemudian sajikan bersama bahan pelengkap. Es Ketimun Jeruk Nipis siap di hidangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *